Disease caused by social network (penyakit karena situs jejarig sosial)

July 07, 2011
Pernahkah Anda berfikir bahwa kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari dapat menyebabkan penyakit jiwa? sangat menakutkan. situs jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter bahkan mungkin dulu Friendster telah membius seluruh penduduk bumi. hampir di setiap waktu mereka beraktifitas denganya.

ketika Anda menemui suatu hal diluar kebiasaan (misal saat dalam perjalanan ke kantor terjebak mcet parah atau melihat kecelakaan) Anda langsung terfikir : update status ah.. ini adalah tanda penyakit itu. Atau Anda merasa was-was ketika suatu saat tidak bisa terhubung dengan internet sehingga tidak tahu katifitas teman-teman Anda di situs jejaring sosial? ya..inilah Obsessive Compulsive Disorder (OCD)? Penyakit apapula itu? OCD merupakan penyakit yang menyerang mental yang ditandai dengan ciri-ciri sering memikirkan sesuatu hal berulang-ulang dan melakukan perbuatan secara berulang-ulang. 

Menurut Dr. Pam Spurr, pakar perilaku, situs jejaring sosial seperti misalnya Facebook dan Twitter ternyata bisa membuat seseorang terkena penyakit yang tergolong gangguan kejiwaan ini. Kebiasaan atau rutinitas yang sering bermain Facebook walaupun hanya sekedar melihat, mengecek, atau memperbaharui status bisa membuat perasaan Anda cemas dan ingin terus melakukannya.


Jika kebiasaan ini terus dibiarkan, maka otak Anda akan merasa selalu terdorong untuk melakukan hal tersebut, yang pada akhirnya akan mempengaruhi mental dan kebiasaan hidup Anda sehari-hari.
Pam Spurr mengungkapkan, cara untuk mencegah OCD adalah dengan  menenangkan pikiran, mengubah pola pikir dan gaya hidupnya.

pilihan di tangan Anda, untuk membatasi atau gila karena jejaring sosial. 

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature