:: Export Contact Friend dari Facebook ke Gmail ::

July 17, 2011
Facebook menjadi penghubung sosial yang cukup powerful. karena facebook, hampir seluruh teman di dunia nyata terhubung di dunia maya. bisa dipastikan pada sebagian besar orang, jumlah kontak teman di facebook lebih banyak dan lengkap daripada jumlah kontak di ponsel maupun account e-mail seperti G-mail.

sebagai sumber kontak teman yang cukup lengkap, alangkah baiknya bila kontak tersebut disimpan secara lokal ataupun pada media komunikasi lain seperti e-mail agar bila sewaktu-waktu membutuhkan, kita akan lebih mudah mencarinya tanpa harus online ke Facebook. namun, menyimpan kontak teman facebook satu per satu tentu akan memakan waktu yang sangat lama.

bagi pengguna browser Google Chrome, ada trik untuk melakukannya dengan mudah. Seorang pengembang software bernama Mohamed Mansour membuat extension Chrome bernama Facebook Friend Exporter. Extension ini dapat mengambil informasi teman anda yang di-share kepada anda, antara lain nama,email, nomor ponsel, website,alamat, dan tanggal ulang tahun.

Hasil export bisa dijadikan dua macam format, yaitu CSV (Comma Separated Value) dan Gmail contact yang akan masuk langsung ke folder bernama "imported from facebook". Untuk melakukannya,ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Google Chrome anda kemudian klik icon web store untuk menuju Chrome web store. Bila tidak ada, anda dapat langsung mengakses halaman https://chrome.google.com/webstore?hl=en-US. pada kolom search, ketikkan "facebook friend expoter".
2. setelah pencarian selesai, muncul berbagai extension yang mengandung kata kunci tersebut. Extension ini gratis dan bersifat open source code yang dapat di download di repository https://github.com/mohamedmansour/fb-exporter bila anda ingin mengembangkan leboh lanjut. klik ikon facebook friend exporter untuk melanjutkan.
3.klik tombol install berwarna biri di bagian kanan.
4. bukalah halaman facebook dan login. pada bagian atas akan tampak "Export fiends!" di samping "Home" atau " Beranda". secara otomatis anda akan di - redirect ke halaman friends anda dengan sebuah konfirmasi. 
5. sebuah tab baru akan terbuka, yang isinya beberapa pertanyaan persetujuan apakah anda bersedia menggunakan extension chrome tersebut atau tidak. beri tanda centang kemudian klik "let's get started"
6. bergantung pada kecepatan koneksi internet anda, extension akan melakukan fetc keseluruhan ke friends anda. semakin banyak friends anda akan semakin lambat koneksi internet anda, maka proses akan semakin lama. setelah selesai, klik tombol "let's start".
7. setelah itu, anda bisa langsung memilih untuk export ke CSV atau langsung ke account google anda. pada akun google akan muncul group contact baru bernama imported from facebook.
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature