Mengapa Durian Tak Berbuah

July 15, 2011
Masalah ini sering sekali timbul, bertahun-tahun durian tak berbuah. “Jangan-jangan durian jantan? ” Tidak seperti itu. Ada beberapa faktor yang membuat tanaman durian tidak berbuah, dintaranya:

* KURANG MENDAPAT SINAR MATAHARI

Idealnya, durian membutuhkan sinar matahari penuh selama 8-12 jam sehari. Untuk mengatasinya, cukup mengatur jarak tanam dari kemungkinan bangunan yang menghalangi penyinaran matahari.

* KONDISI TANAH

Jenis tanah dan kesuburannya juga mempengaruhi pembuahan durian. Jenis tanah yang cocok adalah tanah lempung berpasir.

* ASAL BIBIT

Bibit dan umur tanaman tidak jelas. Di alam, tanaman durian baru berbuah setelah umur 10-12 tahun. Untuk durian lokal yang telah dibudidayakan butuh waktu 8 tahun. Durian unggul Monthong dan Chanee (Thailand) serta Mdur (Malaysia) hanay butuh waktu 5 tahun.

* KETERSEDIAAN AIR

penyiraman tanaman perlu diatur jika kondisinya sangat kekeringan. Sebaliknya, jika kondisi tanahnya terlalu lembap perlu dibuatkan saluran drainase (selokan) di sekeliling tanaman untuk mengurangi kelembapan tanah.

* GAGAL PENYERBUKAN

Faktor kegagalan pembungaan dan penyerbukan juga bisa membuat durian tidak berbuah, karena bunga dan bakal buah rontok. Masalh ini dapat diatasi dengan menambah unsur hara dan pupuk organik (pupuk kandang). Kekurangan unsur fosfor, kalium, dan unsur mikro, serta kelebihan unsur nitrogen menyebabkan kegagalan pembungaan dan penyerbukan. Penambahan pupuk SP-36, KCl dan pupuk mikro pada saat pemupukan akan mengatasi masalah tersebut. Sementara itu,pupuk organik merupakan salah sau sumber unsur mikro.

* MUSIM

Tanaman durian mulai berbuah biasanya setelah melewati masa kering 2-3 bulan berturut-turut dan masa basah 1-2 bulan. Tak heran, buah durian marak dijumpai di pasar pada musim hujan.
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature