CRISIS = DANGER + OPPORTUNITY

February 23, 2012

“When written in Chinese, the word crisis is composed of two characters. One represents danger, and the other represents opportunity!”
life is lik chocolate
.
Kalimat di atas diucapkan oleh Presiden Amerika Serikat ke-35, John Fitzgerald Kennedy (JFK), saat menyampaikan pidato di negara bagian Indianapolis. Dalam bahasa China, kata crisis diwakili oleh kata wei jisementara kata dangerdiwakili oleh kata wei xian dan kata opportunity diwakili oleh kata ji hui. Mungkin dari situ Presiden Kennedy mengambil kesimpulan bahwa kata crisisatau “wei ji” adalah gabungan antara “wei” dan “ji”. Dalam menanggapi masalah linguistik ini, ada pihak yang pro dan tidak sedikit yang kontra. Tapi terlepas dari itu semua, kalimat ini semakin sering digunakan oleh berbagai kalangan hingga kini.
Tentang sebuah Proyek yang ada di hadapan saya .. saya pribadi setuju dengan apa yang disampaikan JFK. Saat menghadapi suatu krisis, memang benar bahwa itu adalah suatu ancaman yang berbahaya, namun juga harus dilihat bahwa selalu ada suatu opportunity atau kesempatan di balik itu semua, dan sudah banyak contohnya. Suatu krisis bisa menghasilkan peluang bagi orang-orang yang tetap optimis dan berpikir positif. Bukankah Allah SWT juga menyuruh kita untuk selalu optimis? “Sesungguhnya Allah mencintai sikap optimis dan membenci sikap putus asa” (Al Hadits). 
Pada akhirnya, tulisan ini saya tutup dengan mengutip Al-Qur’an Surat Al-Insyirah ayat 5 dan 6 yang berbunyi: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”
.
Ini adalah salah satu ayat favorit saya karena sangat powerful, selalu mendorong kita agar berfikir positif kepada Sang Pencipta, memahami bahwa akan ada kemudahan setelah kesulitan, dan yang paling penting adalah yakin bahwa akan ada peluang di balik krisis. Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa kemudahan akan datang setelah kesulitan. Berarti kalau dianalisa, kesulitan adalah sumber kemudahan. Jadi, saat kita mengalami masa krisis dan kesulitan, kita harus yakin bahwa tidak lama lagi kemudahan dan kebahagiaan akan datang, asalkan tetap optimis dan berpikir positif. Jadi, apakah kita masih berpikir bahwa krisis, apapun bentuknya, adalah suatu yang menakutkan?
Wallahu’alam bishshawwab.

Thanks to Notes From Qatar...inspire again for my life today
.



Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature