IPB Berbicara Tentang Tomcat: Dia kawan petani

March 31, 2012
Heboh isu Tomcat, semuanya etakutan dan menganggap ini adalah musibah. Tapi ternyata binatang ini memiliki manfaat lho.
- Bagi sebagian warga di beberapa daerah, serangan Tomcat (Paederus Littoralis) memang sangat mengganggu dan meresahkan. Namun, bagi para petani, populasi Yomcat sangat membantu. Tomcat merupakan sahabat petani.
Dalam kuliah umum di Fakultas Pertanian IPB,  Dr. Ir. Purnama Hidayat, M.Sc (Dosen Proteksi Tanaman) dan  dr Mira Ikawati, Sp.KK menjelaskan tentang hal ini. 


Manfaat
Tomcat merupakan musuh alami (hama), keberadaanya sangat menguntungkan petani. Tomcat makan wereng batang coklat dan hama-hama kecil yang ada di tanaman padi.

Cara menanggulangi

tomcat itu bukan serangga endemik, dia ada dimana-mana sejak dahulu kala. tomcat itu tertarik dengan cahaya. Matikan lampu kalau tidak digunakan,ganti dengan yang kuning. kalaupun merasa dihinggapi sama tomcat,jangan ditepok kaya nyamuk. Karena dia kumbang, bukan nyamuk. kalaupun sudah menempel di tubuh, lebih baik disingkirkan dengan hati-hati, mungkin dengan ditiup, jangan sampai cairannya keluar. Dan kalau terkena cairan dari tomcat, segera cuci bersih. Kalaupun paling apesnya kita kena iritasi, jangan obati dengan Acyclovir.karena toksik tomcat nggak mengandung virus. 

jangan sampai keresahan dan ketakutan warga pada Tomcat membuat ada upaya pemusnahan massal terhadap populasi serangga tersebut. Daripada membunuh wereng dengan insektisida, yang pasti akan lebih mahal dan membuat serangga resisten, lebih baik kita pakai senjata Biologis yaitu Tomcat. 
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature