Mengapa Menguap?

May 05, 2012
Proses menguap terjadi saat denyut jantung melambat. Aliran oksigen ke otak menjadi berkurang. pada saat itulah otak memerintahkan untuk menguap. ketika mulut terbuka, udara secara otomatis masuk ke tenggorokan. oksigen tersebut dalam paru-paru akan diserap ke dalam sel sel darah merah dan dialirkan ke otak dengan demikian otak jadi lebih segar. 
manusia menguap bukan hanya karena mengantuk. Menguap juga bisa disebabkan karena perasaan lelah, bosan, stress, atau pertanda akan pingsan. 
Merasa kalau ada teman menguap Anda ikut menguap? menguap itu menular, yang menurut penelitian hal itu disebabkan oleh respon empatetik. Maksudnya, manusia ikut menguap untuk menunjukan perasaan memahami terhadap orang lain yang menguap. luar biasa ya...padahal kita sering tak sadar akan hal itu. 

Dari Abu Said Al Khudri ra, Rasulullah bersabda, "Apabila salah seorang diantaramu menguap, hendaklah ia menutup mulutnya karena syetan dapat masuk lewat mulutnya" (HR Muslim),  juga dari Abu Said Al Khudri ra, Rasulullah bersabda, "Bila salah seorang menguap saat sholat, hendaklah sekuatnya ia menahannya karena syetan ingin masuk" (HR Muslim). 
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature