Dapatkah Jin Dilihat Manusia?

July 28, 2012


Mengapa manusia tidak dapat meihat jin, sedangkan jin dapat melihat manusia? Jin yang tercipta dari api, adalah makhluk halus. Sesuatu yang amat halus dapat menyentuh yang kasar dan tidak sebaliknya. Firman Allah: “mengapakah tidak diturunkan kepada kita malaikat atau (mengapa) kita (tidak) melihat Tuhan kita? Allah berkomentar:’sesunggguhnya mereka memandang besar diri mereka dan mereka benar-benar telah melampaui batas (dalam melakukan ) kezaliman “  (QS. Al-Furqan [25]:21).
Lagi-lagi memang ada banyak pendapat ulama, salah satunya adalah menyatakan jindapat dilihat oleh manusia jika jin berubah dengan mengambil bentuk makhluk yang dapat dilihat oleh manusia. Pendapat ini tidak membatasi kemungkinan mereka dapat dilihat oleh para nabi atau pada masa kenabian, tetapi kapan, dimana, dan siapa, bila kondisi memungkinkan.
Malaikat pernah mendatangi rasulullah dan sahabat dalam rupa seorang lelaki. Demikian pula dengan jin, ia dapat dilihat bukan dalam bentuk aslinya, tetapi bila ia mengambil bentuk yang sesuai dengan potensi penglihatan manusia. 
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature