Inilah Lebah si Rela Berkorban

July 11, 2012
Surat ke-16 dalam Alquran adalah An Nahl yang berarti lebah. Secara khusus, surat Makkiyah tersebut dinamakan An Nahl atau lebah, karena pada ayat ke-68 terdafat firman Allah SWT yang berbunyi, ”Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.” 
Lebah, betapa rumitnya hidup lebah menurutku. Tarian lebah mengingatkanku akan 2 buku favoritku Camphell dan Kimbal. Haha..lebah,,lebah,,dulu aku pernah belajar menafsirkan gerakan-gerakanmu lho.
Setiap koloni lebah diperkirakan berjumlah 50.000-70.000 ekor. Kkoloni tersebut terbagi dalam tiga kasta dengan tugas yang berbeda yaitu, lebah ratu yang fungsinya bertelur, lebah jantan untuk mengawini sang ratu, dan lebah pekerja yang tugasnya memproduksi madu, membangun dan menjaga sarang.
Dalam membangun sarang, ribuan lebah pekerja harus bekerja sama membuat sarang yang berbentuk persegi enam. Supaya kemiringannya tepat di tiap rongganya, semua lebah harus berkomunikasi dan bergotong royong satu sama lain. 
Dan yang sangat menarik dari kehidupan lebah adalah sikapnya yang rela berkorban. Saat ada yang mengganggu sarangnya, lebah pekerja tak segan akan menyengat. lubang sengat yang ada dibelakang badan lebah akan melekat kuat pada kulit manusia atau objek yang disengat tersebut dan ikut menarik seluruh isi perut lebah hingga membuatnya mati. 
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature