Adab Memuliakan Rambut ala Islam

August 04, 2012

Sabda rasul: barangsiapa yang mempunyai rambut maka hendaklah memuliakannya (HR.Abu Dawud). Imam Al Munawi berkata,"memuliakan rambut maksudnya merapikannya,membersihkannya dengan cara membilasnya,memberinya minyak rambut dan meyisirnya. Jangan membiarkan acak-acakan sehingga kelihatan kusut. Karena kebersihan dan penampilan yang baik termasuk yang dicintai Dan diperintahkan(agama)selama tidak berlebih-lebihan " (al-allamah al munawi). Tidak hanya menganjurkan perawatan rambut bg laki-laki, rasul juga menganjurkan para istri untuk berhias di hadapan suami. Berikut ini adalah adab merapikan rambut:
Pertama, menyisir rambut. Mulailah dari kepala bagian kanan."Rasulullah saw suka mendahulukan kanan ketika bersuci,memakai sandal, dan Menyemir rambut "(HR.bukhari dan muslim).
Kedua, memberi minyak pada rambut dan merapikannya dengan air bila acak-acakan.
Ketiga, membiarkan uban dan menyemir rambut. Islam sudah mengatur perihal uban. Sabda rasul "jangan mencabut uban. Seorang muslim yang tumbuh uban setelah masuk islam maka ia menjadi Cahaya baginya pada hari kiamat kelak" (HR. Abu daud). 

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature