DiesNatalis IPB 49 (IPB at the history)

September 01, 2012

Jujur saja saya malu karena baru tahu sekarang, Dies Natalis IPB itu jatuh pada hari ini 1 September. Kalau ke berapa saya tahu, pasti ke-49, jadi IPB lahir tahun berapa? Mmm..2012-1949..IPB lahir tahun 1963. Jadul banget ya..zaman itu Ibu saya pun belum lahir. IPB kampus hijau, terima kasih sudah mencari saya. Mencari? Ya,,saya kenal IPB dari sosialisasi mahasiswanya. Dalam mind set saya, IPB itu sawah. Itupun yang mungkin ada di mindset orang tua kala itu. Dan dengan bekal nekat akhirnya saya serahkan formulir pendaftaran USMI (ujian seleksi amsuk IPB) atau PMDK dengan jurusan Teknik Pertanian di pilihan pertama. Saat itu saya tidak tahu Teknik Pertanian itu ranahnya seperti apa. Dan 1 tahun kemudian saya tahu bahwa ternyata Teknik Pertanian itu tak ubahnya Teknik Mesin.


IPB itu kampus dunia akhirat, ya..suasananya memang memikat dengan aura shalihat. Hehe apa siih..ya memang begitu. Disana saya belajar tentang budaya dari seluruh nusantara, belajar tentang kehidupan. Bagaimana banyak dari rekan saya dengan kondisi seadanya jauh dari keluarga bias survive dan berprestasi. Pokoknya kampus bersahaja banget deh. Mungkin kalau di kampus lain saya akan canggung pakai kemeja naik onthel ke kampus. Tapi di IPB itu wajar banget.
masjid al hurriyah IPB

Asrama internasional

Suasana praktikum di lab. lapang leuwikopo

Praktikum buat sawah (ga mudah lo)

presicion farming

Sejarah perkembangan IPB dimulai dari tahapan embrional (1941-1963), tahap pelahiran dan pertumbuhan (1963-1975), tahap pendewasaan (1975-2000), tahap implementasi otonomi IPB (2000-2005) dan menuju tahap IPB berbasis Badan Hukum Milik Negara (BHMN) yang akan dimulai pada tahun 2006. Pada saat lahir, dua fakultas di Bogor yang berada dalam naungan UI berkembang menjadi 5 fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakultas Peternakan dan Fakultas Kehutanan. Pada tahun 1964, lahir Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang kini menjadi Fakultas Teknologi Pertanian.
suasana pagi di kampus IPB

Sebelum Perang Dunia II, lembaga-lembaga pendidikan menengah tersebut dikenal dengan nama Middelbare Landbouwschool, Middelbare Bosbouwschool dan Nederlandsch Indiche Veeartsenschool. Sekarang ini Bogor agricultural university (IPB) telah merambah berbagai jenis ilmu yang terbagi dalam beberapa fakultas.
Fakultas Pertanian
Fakultas Kedokteran Hewan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Fakultas Peternakan
Fakultas Kehutanan
Fakultas Teknologi Pertanian berwarna merah
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berwarna putih
Fakultas Ekonomi Manajemen
Fakultas Ekologi Manusia

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature