Mengenal pertanian urban , go green

September 30, 2012
Urban farming atau pertanian urban adalah praktik budi daya, proses, dan distribusi pangan dengan memanfaatkan lahan di sekitar tempat tinggal. Di AS, termasuk dalam pertanian urban adalah beternak, memelihara ikan, dan berkebun dengan memanfaatkan lahan kosong di perkotaan.
Pertanian urban pada dasarnya bukan di lahan khusus untuk pertanian. Justru pertanian urban dilakukan di pekarangan, lahan kosong sekitar rumah, dan lahan tidur di perkotaan. Nah, kalau begini namanya go green ya…
Kaylan tanpa tanah (teknik apung)
Waktu melakukan pertanian urban adalah setiap hari, sepanjang musim. Karena lahannya trebatas, perawatannya pun tak rumit dan tak memakan waktu. Bisa dilakukan bersama komunitas pada lahan umum perkotaan. Pertanian urban yang pernah saya lakukan itu pertama kali waktu masih SD. Iseng sama sahabat menyebar benih cabai dan tomat di pekarangan. Menyenangkan sekali saat melihat si benih tumbuh jadi tanaman yang berbuah. Kebetulan mendalami ilmu teknologi pertanian saat di universitas membuat saya lebih mengenal pertanian urban yang lebih modern. Teknik hidroponik, aeroponik, dll. Yang jelas, menanam di greenhouse yang kecil itu bisa mendapatkan sawi, tomat, yang semuanya bersih, organic, tanpa tanah, go green banget.. J

irigasi tetes
menanam tomat tanpa tanah (hidroponik)





Kenapa harus repot-repot melakukan pertanian urban? Kan penduduk kota tinggal beli saja di supermarket atau pasar. Isu food security dan food safety menjadi tantangan tak terelakan pada masa mendatang. Pertanian kota menjamin ketersediaan pangan bagi keluarga dan warga sekitar, menyediakan sayur-mayur dan buah-buahan segar, serta daging ternak yang aman. Pertanian kota juga merupakan bentuk pertanian berkelanjutan. Lagi-lagi ini konsep go green.
paralon bisa untuk bertanam
Siapa saja bisa melakukan pertanian urban asala ada kemauan. Cara bertanam bisa dipelajari melalui intrenet atau bergabung dengan komunitas petani perkotaan, misalnya dengan follow akun twitter @IDBerkebun, atau komunitas lingkungan anda, seperti @bgrBerkebun (bogor), @jktberkebun, @jgjberkebun, dan masih banyak kota lainnya yang menyajikan info seputar berkebun. Untuk @jktberkebun lokasinya di Holycow senopati, Holycow kelapa gading, dan rumah sushi kelapa gading.

Wujud pertanian urban itu seperti apa sih? Jadi gini, misalnya Anda manfaatkan lahan sekitar Anda untuk bertanam sayur-mayur, seperti kangkung, bayam, dan sawi. Media tanamnya tidak langsung di tanah, tapi gunakan media tanam sederhana saja seperti pot, paralon, atau plastic bekas bungkus detergen (ini cara ibu saya banget). Ibu saya menanam daun bawang di plastic bungkus detergen dan hasilnya memuaskan. Media tanam itu bisa di susun horizontal saja atau vertical. Di tumpuk gitu biar tidak makan tempat, misalnya pot atau paralon bisa digantung. Selain bermanfaat mengahasilkan sayuran, kan jadi indah juga dipandang, go green dengan pertanian urban yah. 
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature