Tie dye, jumputan, dan pelangi motif fashion stylish

September 30, 2012
Tie dye kembali dan makin stylish . sederet selebriti dunia bahkan memakainya alam keseharian mereka. Dalam bahasa inggris, tie berarti ikat dan dye berarti celup. Jadi tie dye adalah celup ikat. Sementara di Indonesia sendiri, kita mengenal tie dye denngan beberapa sebutan berbeda. Tritik di jawa, sasirangan di Banjarmasin, dan Pelangi di Palembang. Tapi kita mengenal istilah popular dengan sebutan ikat atau jumputan. Dari mana pun asalnya, nama tie dye sendiri baru dikenal pada tahun 1909 oleh masyarakat Amerika.


Salah satu teknik pewarnaan sekaligus pembuta motif  pada kain dengan cara  melipat, menjahit mengikat, menjepit atau usaha perintang warna lainnya guna menghindari bagian tersebut tersapu rendaman celupan warna. Untuk menciptakan motif beragam dan unik, kadang diselipkan kerikil, biji-bijian, kayu atau material lainnya ke dalam ikatan kain sebelumnya.
Sebuah artikel di majalah Time edisi 26 Januari 1970 berjudul “The psychedelic Tie dye Look” menyebutkan, motif Pelangi alias jumputan  berasal dari seni bandhnu yang usianya setua negeri India. Sumber lain menyebut, Pelangi atau jumputan sudah ada sejak zaman pra sejarah. Terbukti saat ditemukannya mummi yang berasal dari tahun 1000 SM di mesir, tengah berbalut kain dengan teknnik pewarnaan serupa tie dye, yang diduga berasal dari India yang menyebar hingga ke mesir. Sedangkan para arkeolog sepakat, tie dye telah ada 5000 tahun lalu di Mesopotamia dan India. Ada pula yang menemukannya di peru, mexico, roma, dan yunani.
Sementara di Indonesia sendiri, kita mengenal tie dye denngan beberapa sebutan berbeda. Tritik di jawa, sasirangan di Banjarmasin, dan Pelangi di Palembang. Tapi kita mengenal istilah popular dengan sebutan ikat atau jumputan. Dari mana pun asalnya, nama tie dye sendiri baru dikenal pada tahun 1909 oleh masyarakat Amerika.
Desainer Ghea Panggabean dan Carmanita adalah pelopor ikat atau jumputan di era 90an. Carmanita bahkan konsisten mempertahankan jumputan sebagai ciri khas koleksinya hingga sekarang. Sementara desainer muda Dian Pelangi memasukkan ikat ke dalam rancangan busana muslimnya.
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature