World Heart Day 2012

September 29, 2012

Hari ini 29 september diperingati sebagai hari jantung sedunia. Pastilah oleh pencetusnya diharapkan penduduk dunia sadar akan organ satu ini yang vital. Bagaimana wujud kesadaranya? Bukan hanya merasakan denyutnya, tapi sadar untuk menjaganya. Jantung yang bekerja tanpa henti sejak dalam kandungan, bahkan kadang dipaksa kerja keras (saat deg-degan atau stress).
Jantung sehat pastilah didambakan banyak orang. Kita semua tahu penyakit jantung baik bawaan maupun tidak, telah merenggut banyak nyawa. Yang kelainan sejak lahir sampai dioeprasi biar bisa normal. Yang sudah terlanjur tersumbat sampai dipasang ring agar tetap bisa bekerja. Lalu, bagi saya yang masih 20an dan tidak mengeluhkan apa-apa bagaimana harus menjaganya?
Informasi yang saya dapatkan dari twitter @blogdokter , penyakit jantung dan pembuluh darah merenggut sekitar 17.5 juta nyawa penduduk dunia setahun dan menjadi penyakit dengan jumlah korban nomor satu. Factor risiko penyakit jantung dan stroke adalah hipertensi, kadar gula dan kolesterol darah yang tinggi, merokok, kurang bergerak, dan kegemukan. (saya bersyukur karena tidak mengalami itu semua, kecuali perokok pasif kadang-kadang).
Empat dari lima kematian akibat penyakit jantung justru terjadi di Negara miskin dan berkembang lho. Bukan Negara maju. Pria dan wanita memiliki kesempatan yang sama meninggal karena penyakit jantung. Berita baiknya, 80% serangan jantung dan stroke bisa dicegah dengan pola makan yang sehat, aktif bergerak, dan tidak merokok. Makanan yang baik untuk jantung sehat adalah buah dan sayur, kacang-kacangan, ikan, dan daging rendah lemak (saya banget nih..). untuk jantung sehat juga harus membatasi konsumsi garam, gula, dan lemak. Jangan lupa 30 menit setiap hari aktivitas fisik ya..
Resiko serangan jantung dan stroke akan segera menurun begitu seseorang berhenti menggunakan tembakau. Ini benar, orang-orang terdekat saya yang mengalami stroke adalah perokok-perokok berat. Kenali tekanan darah Anda, hipertensi umumnya tidak bergejala tapi tiba-tiba dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kenali juga kadar gula darah yah..tidak mahal kok periksa ini ke dokter. Atau malah Anda punya alat tes nya sendiri di rumah.

Bagaimana ? mudah bukan..? tanpa sadar saya sudah melaksanakan beberapa langkahnya. Sejak kecil memang terbiasa makan buah, sayur, kacang-kacangan. Kurang selera kalau makan daging, apalagi daging merah. Sedangkan aktivitas fisik, pastinya lebih dari 30 menit. Kemana-mana lebih sering jalan kaki atau bersepeda, dan ini juga factor yang menyebabkan badan saya tidak bisa gemuk. Hehee..
Jangan lupa, hiduplah tanpa prasangka buruk karena gaya hidup ikhlas dan sabar itu sehat. 
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature