Cross connect, misteri suara aneh di tengah percakapan telepon

October 09, 2012

Pagi tadi saya sedang menerima telpon dari seseorang (sebut saja dia Prince,,hehehe), tiba-tiba di tengah percakapan, dia bilang seperti ini:
“hallo, hallo,,eh ini siapa?
Saya bingung lalu jawab
“maksudnya, apa sih ,,” saya tunggu beberapa saat dan telpon mati.

Lalu dia telpon kembali dan menceritakan bahwa saat kami mengobrol ada suara seorang pria berbahasa sunda. Kamipun keheranan, saya berfikir,,”jangan-jangan ini hantu...hantu kesiangan”.
Karena penasaran, saya masukan topik ini ke obrolan di grup blackberry messenger teman kuliah. Cerita serupa ternyata banyak dialami mereka. Ini kisah mereka ;
Trya: “pernah ,,kemaren pas ane lagi madamin kebakaran di tengah hutan malam-malam jam 1 pagi nelpon orang di kantor,,nyelip suara cewek bilang “iya bang sini banyak kembang,,banyak kembang.”
Hadi: “kalo gue nelpon kakak gue di Semarang,,tiba-tiba keselip suara cewek manggil-manggil kakak gue ..terus putus. Pas gue tanya , kakak gue sendirian di sana, ternyata itu kamar bekas kamar anaknya yang punya kosan yang udah meninggal”.
Kisah makin misterius saja nih.
Ayunk: “kalo aku, nelpon kakak aku, yang angkat orang lain, suara cowok. Tapi emang bisa kayak gitu, ga ada horor-horor nya kok, mungkin karena jaringan eror atau mungkin kesalahan provider dengan sistem pengalihan telepon”.
Irfan: kalo aku jaman dulu kalau nelpon di wartel,,suka ada samar-samar suara lain,,eh di bilik sebelah ada yang lagi nelpon juga :D “
Wendi: “ortuku telpon aku, yang angkat cowo,,trus dimatiin, telpon lagi yang angkat aku,,ortuku nanya..”lagi sama cowok? Hapemu dipegang cowok?..”
Karena semakin penasaran sayapun googling dan tidak menemukan solusi. Akhirnya saya putuskan untuk menanyakan hal ini ke teman yang merupakan customer service salah satu provider.
Jawaban dari dia, ini adalah kesalahan jaringan yang namanya cross connect. Penanggulanganya cukup mematikan telepon, lalu menghubungi kembali. Ok,,jadi tidak ada horor-hororan. Tapi cross connect kalau ke hantu juga bisa kan ya? Hahhaa.
Entahlah saya belum mengetahui ilmu telekomunikasi bagaimana bisa muncul suara aneh yang nyelip di tengah percakapan telepon. Jadi ingat kasus pesawat Sukhoi beberapa bulan lalu yang menyebutkan bahwa di atas langit Indonesia ini, sering terdengar antara percakapan pilot nyelip suara telepon, dangdutan, dll. Kenapa frekuensi di Indonesia itu bisa berantakan ya?


Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature