Demo Buruh Nasional lagi?

October 01, 2012
Jam menunjukan 8.33 malam, biasanya sih sudah rapi persiapan tidur minimal sudah mandi lah. Tapi ini, belum mandi, lelah , kekenyangan karena makan buru-buru saking lapernya. Sepanjang kurun waktu 17.00-20.00 hilir mudik rombongan pawai buruh dengan bendera-benderanya itu. Hemm..dengar-dengar sih besok atau mungkin tanggal 3 akan ada demo buruh nasional. So? Persiapan bawa bekel deh takutnya kemalaman, atau malah tidak bisa pulang sesuai jam nya. Macet sudah pasti, apalagi jika sampai menutup pintu tol, aduhh..jangan sampai ya. Plis..demo besok tidak boleh mengganggu fasilitas dan pelayanan public.
Demo kemungkinan berpusat di kawasan industry. Siap-siap saja pengamanan yang OK. Tidak hanya di Jabodetabek, tapi Nasional bro..hahahhaa

Dalam demo itu para buruh akan menyuarakan tentang penolakan sistem outsoucing, penolakan upah murah dan pelaksanaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Menurut undang-undang ketanaga kerjaan, outsource itu boleh hanya pada pekerjaan yang bukan utama. Lalu, kebijakan mennetukan si pekerjaan A utama atau tidak kebanyakan perusahaan belum memiliki standar.
Sebenarnya tidak semua outsource itu tidak nyaman. Kalau yang outsource nya di perusahaan yang memang bagus, tidak masalah bagi mareka. Tapi, namanya juga buruh sering banget dengar kata “solidaritas”. Mau ga mau, ya ikut ramai-ramai pawai mogok kerja malah.
Yang saya heran, buruh itu sudah punya serikat pekerja (SPSI) tapi kenapa yang demo seringnya Forum apa, Forum apa, aliansi apa, dan apa. Jadi, untuk apa ada serikat kalau saat aksi harus terpisah pisah ke forum-forum? Bukannya malah akan susah mengkoordinasikannya ya? Hemm..saya memang belum mengerti atas ini.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature