Potensi urban farming untuk Food Safety

October 01, 2012
Pada 2050 PBB memprekdisikan bahwa polupasi global akan melampaui 9 milyar orang. Gerakan urban farming, istilah untuk bercocok tanam tanaman pangan di perkotaan, menggejala di berbagai belahan dunia. Di Amerika Serikat,  Michelle Obama menyulap salah satu bagian pekarangan White House sebagai kebun sayuran. Ia juga aktif mengajak rakyatnya untuk gemar bertanam.
Ada dua manfaat besar dari urban farming ini. Dari sisi lingkungan, tanaman hijau merupakan paru-paru kota, dan dari sisi pangan, mampu menopang kebutuhan pangan sehat bagi keluarga. Potensi urban farming di Indonesia sangatlah besar. Dari 10,3 juta hektar lahan pekarangan yang belum dimanfaatkan, lebih dari 30 persen ada di perkotaan (Republika, 18/09/12).
Pangan dalam sebuah masyarakat tak hanya harus tersedia, tetapi terjangkau harganya. Bagi masyarakat kota kelas menengah, sudah dapat dipastikan kedua unsur itu terpenuhi tanpa harus bersusah payah menanam sendiri. Namun, kebutuhan mereka adalah pada sisi keamanan pangan. Makanan organic menjadi kebutuhan selanjutnya.

Karena ditanam sendiri, mereka bisa memastikan pasokan pangan yang diberikan pada keluarganya adalah pangan yang aman, bebas dari bahan berbahaya dan beracun. Urban farming juga penting dari segi keragaman pangan. Menurut angka kecukupan gizi, idealnya satu orang mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 250 gram/kapita/hari. Saat ini rata-rata penduduk Indonesia baru memenuhinya 190 gram/kapita/hari.
Urban farming juga memiliki potensi yang baik untuk menularkan pola hidup sehat pada generasi muda sejak dini. Kebiasaan merasa keren dengan makanan cepat saji itu harus dibasmi. Dengan menanam sendiri, anak-anak akan dilibatkan dalam perawatan tanaman itu dan pada gilirannya mereka akan senang hati mengonsumsinya. Oya, Makanan yang baik menurut food plate Amerika itu 50% sayur dan buah, 25% karbohidrat, dan 25% protein.


Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature