Sejarah Lahirnya Teh Botol Sosro

October 22, 2012
Selamat pagi dunia, ini adalah senin pagi. Hari yang bagi sebagian besar orang (karyawan) adalah hari besar. Disebut hari besar karena memang mebutuhkan semangat besar untuk menjalaninya. Saat saya bingung mau mulai kerjaan dari mana, ada sebuah email yang berisi tentang cara berfikir kreatif. Ini adalah kisah awal mula teh botol sosro diperkenalkan. Kelahiran teh dalam kemasan yang sekarang sangat fenomenal.
Saya pernah beberapa kali mendengarkan kisah ini dari dosen saya, Prof. Hadi Karya Purwadaria di sela-sela kuliah. Kuliah apa ya? Pengantar teknik pertanian, termodinamika, teknik pengolahan pangan, atau teknik penulisan ilmiah gitu,,hehe. Saking banyaknya kuliah yang beliau ampu. Dengan semangat, Pak Hadi bercerita tentang sejarah kelahiran teh botol sosro yang isinya kurang lebih sama dengna isi email pagi ini. 
Seorang bernama Sosrodjojo mempunyai ide untuk mengemas teh dalam bentuk botol. Kisah dari ide kreatif ini berasal dari pengalaman tes cicip teh tubruk cap botolnya yang dilakukan di pasar tradisonal. Mulanya teh langsung diseduh di tempat cicip. Namun, konsumen malah pergi karena memakan waktu lama. Kemudian muncul ide, teh-teh tersebut dibuat di pabrik dulu baru dimasukkan ke dalam tong dan dibawa menggunakan mobil. Tapi teh malah tumpah karena jalan raya yang kurang baik.
Melihat hal itu kemudian Sosrodjojo tumbuh ide yang megawali sukses perusahaannya. Dia memasukkan minuman teh itu ke dalam botol limun agar lebih praktis. Selain mudah dibawa, konsumen juga langsung dapat menikmati tanpa harus menunggu.
instagram #tehbotolsosro
Dahulu target dari teh botol ini adalah para supir atau pejalan kaki. Jadi jika ada yang haus, ya tinggal minum Sosro di kios-kios pinggir jalan. Plus ditempatkan dalam box pendingin, sehingga menjadi dingin. Tapi, kisah ini tidak berjalan mulus karena saat pertama kali Sosro diluncurkan, konsumen menganggapnya aneh, "Udah dimasukin botol, pakai pendingin lagi." Zaman dulu box pendingin/ kulkas bukanlah hal lazim.
Namun, pelan-pelan dengan promosi yang tepat, teh Sosro mulai menunjukkan kisah suksesnya. Masyarakat mulai merasa mendapatkan manfaat berupa praktis, enak dan dingin. Sekarang minum teh pakai botol bukanlah hal yang tabu lagi. Bahkan para perusahaan minuman ringan seperti Coca Cola tidak sukses merebut hati masyarakat Indonesia dalam hal teh botol.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature