Tunjukan bahwa Pancasila itu sakti

October 01, 2012
Saya tahu 1 Oktober adalah hari kesaktian Pancasila. Latar belakangnya adalah saat 6 jenderal diculik di peristiwa G30 S PKI. Hari itu, enam orang Jendral dan berberapa orang lainnya dibunuh sebagai upaya kudeta. Namun konon berkat kesadaran untuk mempertahankan Pancasila maka upaya tersebut mengalami kegagalan. Kesaktian Pancasila diadakan untuk menunjukan bahwa dasar negara adalah Pancasila dan tak akan terganti. Cuma itu yang saya tahu. Mungkin hanya di Indonesia yang ada peringatan hari dasar negaranya.
Ketika Pancasila itu sakti, apa yang harus saya lakukan? Status blackbery messenger mendadak ahmpir sama "selamat hari kesaktian pancasila". Kalau selamat ulang tahun, saya tahu maksudnya yaitu ucapan selamat agar si yang ulang tahun bisa bermuhasabah, merefleksikan usianya yang berkurang, dan bersyukur atas segala karunia yang telah didapat. Nah kalau kesaktian Pancasila? Saya belum mengerti harus berbuat apa.
Saya analogikan dengan pendekar sakti. Saat orang bergantung dengan dia karena kesaktiannya. Lalu, apa ada acara memperingati kesaktian pendekar itu? Yang ada paling ulang tahun si pendekar, atau hari meninggalnya si pendekar. Jadi pusing? Hahahah
Sebagai pemuda, saya harus mengerti betul apa di balik "peringatan hari kesaktian pancasila ini". Bukan sekedar menuliskan"selamat hari kesaktian pancasila", hanya sekedar tulisan. Googling pun tak menemukan artikel mengenai harus apa, bagaimana, selain kalimat klasik "mari jadikan pancasila sebagai dasar negara yang abadi" dan sejenisnya.
Pelajaran PPKN dan IPS  saya dapat sejak SD, tapi tidak pernah ada penjelasan mengenai hal ini. Hanya sejarahnya saja, ya..just ceremonial. Konon, lambang Garuda merupakan lambang Yahudi. Entahlah..memang sih, kalau lihat burung itu kan aneh bentuknya. Apa benar ada burung seperti itu. Belum lagi pancasila yang konon merupakan dasar agama Budha dan amalan yang dilakukan Sidgarta Gautama. Banyak hal yang saya tidak tahu, dan memang tidak di tulisakn di buku teks sejak SD hingga kuliah. 

"Tunjukan bahwa Pancasila itu Sakti", itu tujuan saya menulis artikel ini.
2 comments on "Tunjukan bahwa Pancasila itu sakti"
  1. maaf bisa dijelaskan saktinya dimana kak?
    adank muda jaman sekarang kurang pemahaman mengenai pancasila :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah baca artikel saya full? lihat deh,,disinipun saya tak tahu artinya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature