Aktivitas sehat setelah bangun tidur

November 04, 2012
Bangun tidur ku terus…(apa ya?) ada yang jawab buka hape cek apa ada sms, missed call, jangan lupa cek timeline twitter, bbm update, wow..itu sudah bisa memakan waktu setengah jam lho. Tapi nyatanya itu yang paling sering saya lakukan. Bagaimana dengan Anda?
Dari informasi di sebuah majalah aktivitas sehat yang harus dilakukan setelah bangun tidur adalah sebagai berikut:
  • Menarik napas dalam – dalam untuk relaksasi. Bagi yang muslim jangan lupa doa bangun tidur di bagian ini ya, lalu lanjutkan dengan melakukan peregangan sederhana. Yoga? Ah ga ngerti saya, yang gampang sih “mulet” bahasa jawanya J. Ini akan membankitkan energy dan membuat kita segera siap beraktivitas.
  • Lakukan beberapa latihan. Nah, setelah “mulet” segera bangun dari kasur. Ambil wudhu lalu sholat. Gerakan – gerakan ringan setelah bangun tidur itu bisa memperlancar aliran darah. Kalau mau lebih mantap, sit up push up aja J
  • Mandi. Mandi dapat membangunkan kembali system saraf tubuh setelah tidur dan membuat tubuh merasa lebih bugar untuk memulai aktivitas
  • Minum beberapa gelas air putih untuk menyegarkan tubuh dan membantu merangsang system saraf dan saluran pencernaan.

by instagram #bed
Pasti kita pernah tuh mengalami lelah setelah bangun tidur. Badan pegel, kepala pusing. Ini seperti pengalaman saya tadi pagi. Ngliyeng,,kalau begini berarti ada yang salah yang mempengaruhi kualitas tidur kita. Apa coba? Nih..
  • Perlengkapan tidur tidak nyaman. Mulai dari sprei, bantal, selimut, berpengaruh banget lho.
  • Sering trebangun. Ingat kerjaan besok, ingat ujian (waktu jaman kuliah), mimpi buruk, atau kegerahan bisa berakibat ketika bangun kepala pusing.
  • Kondisi kesehatan. Kalau yang ini khusus bagi yang menderita penyakit tidur seperti sleep apnea. Termasuk juga saat depresi, pastilah kita sulit tidur, dan bangun dengan badan tak bugar.
  • Kurang olahraga. Percaya banget pasti, kalau aktivitas kita seharian padat apalagi aktivitasnya banyak menguras tenaga pasti malamnya kita pulas tidur.
  • Banyak pikiran
  • Jam tidur tak teratur. Ini bisa trejadi kalau kita misalnya kelamaan tidur siang. Malamnya malah jadi begadang tidak bisa tidur. Eh pas menjelang pagi malah ngantuk tidak karuan.
  • Sibuk dengan social media. Kalau jaman kuliah, friendsteran atau facebook an sampai malem banget. Akibatnya jam tidur jadi berkurang. Kalau sekarang blogwalking kadang membbuat lupa waktu J
“Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan” (Qs An Naba 9-11)

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature