Hadits tentang Kepo

November 06, 2012
Belakangan ini istilah "kepo" atau selalu ingin tahu sedang marak di kalangan remaja khususnya di social media. Kepo kepada hal baik sih bagus, tapi "kepo" sering dicitrakan negatif sebagai perilaku ingin tahu permasalahan, personality orang lain, hingga mengamat-amati segala gerak gerik.
Saya menemukan sebuah hadits dalam sebuah buku yang berjudul "catatan hati yang cemburu". Dalam konteks cemburu atau tidak, islam sudah mengatur tentang hal ini. Berikut hadits Rasulullah SAW:
"Berhati-hatilah kalian dari buruk sangka sebab buruk sangka itu sedusta-dusta cerita (berita) ; jangan menyelidiki ; jangan memata-matai (mengamati) hal orang lain ; jangan tawar-menawar untuk menjerumuskan orang lain, jangan hasut menghasut, jangan benci-membenci ; jangan belakang-membelakangi, dan jadilah kalian sebagai hamba Allah itu saudara"
(HR Abu Hurairah)
memang ini agak berat dilakukan, karena kita sebagai manusia cenderung bernaluri selalu ingin tahu. Tapi memang terbukti, terlalu tahu banyak hal juga tak baik.  coba saja sejam full asli mantengin time line facebook, percaya atau tidak amlah muncul marah, galau, prasangka, atau mengumpat "ih si ini kok gitu banget yah,," atau "ih dasar tukang ..." naudzubillah.
semoga Allah menagmpuni dosa Saya yang terlalu banayk "kepo" yang tak penting. mending "kepo" in hal hal yang bermanfaat buat kehidupan yang kekal nanti. 

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature