Manfaat Menambal gigi

December 29, 2012
Lubang kehitaman kecil di atas gigi tanpa kita sadari akan menghasilkan lubang besar menganga yang menjadi sarang kuman. Bukan Cuma itu, saat makan sering banget makanan nyangkut. Minum manis ngilu, makan permen karet menderita. Itulah gigi berlubang.

Sejak kecil, saya memang terbiasa mengunyah di geraham kiri. Akibatnya, gigi geraham bawahnya cepat banget berlubang bahkan sejak saya SMA. Saat kuliah semester empat, saya bawa ke dokter gigi. Awalnya ditambal sementara, lalu ditambal perlahan tiap seminggu sekali selama satu bulan. Hasilnya, OK banget. Saya kira, tambalan gigi itu bisa bertahan seumur hidup . Ternyata baru empat tahun sudah berlubang lagi.

Tadi pagi, gigi saya dibawa lagi ke dokter. Tahap pemeriksaanya lumayan lama karena tambalan sebelumnya sudah benar benar habis sehingga akar gigi sudah mengalami pembusukan.
Pertama tama akar gigi dibersihkan, disemprot semprot, di korek-korek, di kikir (sepertinya). Tapi tenang, meskipun tampak menyeramkan ini sama sekali tidak sakit.

Setelah bersih, gigi saya ditambal sementara sebelum perawatan lebih lanjut. Tambalan ini dibutuhkan di antara perawatan gigi yang tidak dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan. Misalnya perawatan saluran akar, di mana lubang gigi yang sedang dirawat tidak dapat dibiarkan terbuka, namun belum dapat dibuatkan restorasi akhir. Oleh karena itu dibuatkan tambalan sementara, di antaranya bahan semen zinc phosphat, atau zinc eugenol. Semen tersebut memiliki kelarutan yang cukup tinggi dan kekuatannya tidak begitu tinggi sehingga memang hanya bersifat sementara dan pembongkarannya pada saat kunjungan berikutnya tidak begitu sulit.

 Kata dokter, selama sejam saya tidak boleh makan dulu J padahal keadaan perut saya siang ini sangat kosong. Selama seminggu sebelum control, saya harus mengunyah di gigi yang lain dulu.
Ini sudah sejam lebih sejak bahan semen dimasukan ke gigi saya. Tapi rasanya masih jelas banget. Untung saya bukan orang yang gampang mual. J

Oiya, apa sih manfaatnya menambal gigi? Penambalan gigi adalah satu cara untuk memperbaiki kerusakan gigi, agar gigi bisa kembali ke bentuknya semula, dan berfungsi dengan baik. Lubang pada gigi akan jadi jalan masuk bakteri, sehingga menutupnya dengan tambalan akan menghentikan proses kerusakan gigi sampai di situ saja.

Mengenai biaya cukup terjangkau kok. Rp 99.500 di dokter gigi sebuah rumah sakit swasta.
Penting untuk segera menyadari adanya gigi berlubang, biasanya berupa bintik hitam pada gigi. Jangan dibiarkan karena akan semakin merusak enamel gigi.



Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature