Festival durian 2013 Visit Pekalongan

January 10, 2013

Seperti tahun-tahun sebelumnya, festival durian diadakan kembali di kabupaten Pekalongan Jawa tengah. Festival rajanya buah ini sekaligus sebagai perayaan panen raya durian di seluruh wilayah kabupaten Pekalongan.  

Wilayah di kabupaten Pekalongan yang menghasilkan durian adalah Ta;un, Doro, Karanganyar, Kajen, dan yang paling terkenal adalah Desa Lolong Kecamatan Lebakbarang. Hampir seluruh bagian kampung dipenuhi pohon durian. Saat musim panen tiba, banyak sekali penjaja buah durian di jalanan kampung. Desa lolong sudah terkenal dengan kulitas duriannya yang maknyuss.
Menurut info yang dirilis situs resmi kabupaten Pekalongan, Festival Durian Lolong yang rencana akan kembali diselenggarakan pada tanggal 1 – 10 Februari 2013. Acaranya beragam, termasuk yang paling ditunggu masyarakat tentunya makan durian bersama sepuas-puasnya (Ken-Duri Durian). Agenda lain yang tak kalah menarik adalah acara Selamatan Petik Durian dan Kontes Durian Unggul.
Yang seru lagi nih, ada kontes durian lho. prosesi acaranya dimulai dengan petani mengantarkan durian dengan andong hias, upacara memulai penilaian, penjurian, pengumuman pemenang dan lelang durian unggul. Sedangkan acara puncaknya, Ken-Duri Durian atau makan bersama durian sembari menikmati kawasan desa wisata Kabalong (Karanggondang, Limbangan dan Lolong). Disediakan pula tumpeng durian untuk masyarakat, kopi durian, lepet durian, dodol durian dan makanan khas produk lokal. Ada pula cinderamata yang didesain khusus berupa pin dan kaos (website resmi pemkab Pekalongan). 
Anda tidak hanya akan menyantap durian enak, panorama Desa Lolong sangat asri. Salah satu spot yang harus dikunjungi adalah jembatan yang kata banyak orang peninggalan penjajah (entah Jepang atau Belanda). Bentuknya lengkung di atas sungai yang banyak bebatuan besarnya. 

Ayo..visit Pekalongan .. rasakan nikmatnya buah durian yang matang pohon. Tidak perlu jauh-jauh ke Medan ya,, 

image source: www.kompas.com
8 comments on "Festival durian 2013 Visit Pekalongan"
  1. hahaha, aku bakalan inget-inget ini kak! g bakalan aku main k pekalongan pas bulan2 ini. gmau cari mati aku! #g suka duren >.<!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah..ada juga org tuh inget inget buat dateng,,xixiix. klo kau gag suka baunya bhek,,tapi suka rasanya (duren asli, bukan permen duren)

      Delete
  2. hahaha, ntahlah kak. pusing kak nyium baunya. hehehe

    ReplyDelete
  3. bole tau ga, kalo dari doro ke petungkrioyono ada angkutan apa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau angkot nggak ada. Tapi bisa numpang pedagang yg dr pasar..sekitar siang gt mereka plg ke petungkriono.

      Delete
    2. makasih banget infonya, aku pengen jalan ke sana, denger2 asri banget........ ada home stay nya, bener ga seh..... salam,

      Delete
    3. saya kurang tau ttg home stay..krn pas kesana g nginep..tp kemungkinan ada. lagipula kalau masih di desa kan masyarakatnya welcome..datang aja ke Pak lurah...pst boleh nginep ;-)

      Delete
    4. sekali lagi terima kasih mba, salam,

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature