Memangnya Kenapa Kalau Aku Pakai Jilbab?

January 29, 2013

SMA sudah cukup berat tanpa harus memakai jilbab . Apa yang bakal dikatakan teman-teman sekelasku hari Senin saat aku berjalan masuk memakai jilbab untuk pertama kalinya? Wah, mereka pasti bakal ngeri. Memakai jilbab? Di depan anak-anak kelas sebelas? Lebih mudah berjalan masuk telanjang.
Paperback: 352 pages
Published 2007: by Gramedia Pustaka Utama (first published August 1st 2005)
ISBN: 9792230505
edition language: Indonesian
original title: Does My Head Look Big in This?
Series: Siskodisko
Setting: Australia
literary awards: Abraham Lincoln Award Nominee (2010)

Ini adalah novel yang saya beli dari garage book sale nya teman blogger Ninda.  Sebenarnya buku ini bergenre teenlit. Biasanya kalau teenlit itu, cukup beberapa jam saja untuk menamatkan. Tapi ini, dua minggu baru beres baca. Maklum, terjemahan jadi agak sulit menyelami cerita.
Kehidupan kaum muslim yang minoritas di Negara seperti Australia selalu tersisihkan. Mereka dianggap seperti masyarakat kelas dua. Untuk mempertahankan keyakinannya saja mereka harus berjuang melawan cacian dan prasangka orang yang kontra terhadap Islam. Apalagi para remaja Muslim yang bersekolah di antara orang-orang non muslim. Berbagai tantangan harus dihadapi untuk tetap dapat bersekolah. Randa Abdel Fattah mengangkat realita ini dalam novelnya yang berjudul Does My Head Look Big in This?
english version
versi Indonesia
Novel ini bercerita tentang Amal, seorang cewek ABG Australia keturunan Palestina Muslim yang bersekolah di sebuah sekolah swasta bergengsi di Australia. Amal sedang mengalami dilemma dalam hidupnya. Ia ingin memakai jilbab ke sekolah untuk memperkuat keyakinannya, namun sekolah di sana sudah cukup berat tanpa harus memakai jilbab.
Akhirnya Amal memutuskan memakai jilbab ke sekolah pada awal semester ketiganya. Namun tidak mudah menjalani kehidupannya yang baru ini. Banyak rintangan yang harus dihadapinya. Hari pertama masuk sekolah dengan jilbab, ia langsung dihadapkan pada kepala sekolah yang galak dan super disiplin yang menganggap “kain” di atas kepalanya itu merupakan suatu bentuk pelanggaran kedisiplinan berseragam. Sikap teman-temannya pun berubah, berbagai prasangka yang ditujukan kepadanya datang silih berganti. Belum lagi reaksi Adam, cowok yang diam-diam disukainya dan ternyata juga suka padanya. Untungnya, ditengah kegalauannya itu ia mempunyai dua sahabat yang setia mendukungnya walaupun mereka berbeda keyakinan.
Dalam novel ini Randa ingin menekankan bahwa jilbab bukanlah sebuah penghalang untuk mencapai kesuksesan. Jika kita meyakini sesuatu dan itu baik, maka jalankanlah dengan tekad yang kuat tanpa peduli dengan godaan di sekitar. Itulah pesan yang ingin disampaikan penulis lewat tokoh Amal yang pemberani dan teguh menjalani keyakinannya serta mempunyai rasa persahabatan yang tulus tanpa melihat perbedaan.
Review
Gaya bahasa penulis Australia memang beda dengan Indonesia. Deskripsi misalnya, terasa beda banget. Begitupun dengan istilah istilah yang saya tidak mengerti sehingga menerka-nerka maksudnya. Penulis sepertinya memasukan jiwa orang berusia 20an di tokoh yang berusia 16 tahun. Saya malah membayangkan Amal bukan anak SMA lho, dewasa banget. Atau mungkin di Australia memang begitu.
i am reading the book, i am proud to be muslim, i dont care what anybody says . Allah sangat dekat dengan kita, bahkan lebih dekat dari pembiluh darah leher. Segala bisikan hati kita, Allah tahu.

source:
http://www.goodreads.com/book/show/79876.Does_My_Head_Look_Big_In_This_
http://muslimut.blogspot.com/2010/01/memangnya-kenapa-kalau-aku-pakai-jilbab.html

1 comment on "Memangnya Kenapa Kalau Aku Pakai Jilbab?"
  1. isinya menarik yaa
    sangat memberikan motivasi

    berkunjung ke sini juga yaa...

    http://kursusinternetmarketingmurah.blogspot.com
    http://bumbupecelbali.blogspot.com

    Dari http://bantalsilikon01.blogspot.com
    http://bantalsilikon01.blogdetik.com/

    tanks very much.... :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature