Nyeri dada kanan dan mitos angin duduk

January 14, 2013

Entah mengapa, saat saya sedang istirahat siang, dada kanan saya sakit banget. Susah nafas, nafas pendek-pendek dan makin sakit kalau narik nafas panjang walaupun saya sudah mencoba melapangkan dada. Tangan dingin, badan lemas, nyerinya berpusat di salah satu titik, dan merambat ke bahu. Dulu waktu kuliah sering begini, tapi tidak selama tadi. Setelah 10 menit dan belum sembuh, saya bawa jalan dan keluar ruangan. Alhamdulillah mendingan.
calligraphyinberlin.com
Kata orang, yang begitu itu namanya angin duduk. Heh?apa tuh? Tidak ada di istilah medis sih. Waktu saya  cari informasi, nyeri dada (khususnya kanan) itu bisa terjadi karena beberapa penyebab. Diantaranya ada masalah di dinding dada, paru, atau masalah psikologi. Hoho..psikologi kayaknya ya, terlalu cemas..hahaha. so far sih saya tidak demam, Alhamdulillah. Kalau demam, bisa jadi ada infeksi atau virus di paru-paru. 
Kata saudara saya, “oh itu dikerokin aja sembuh”. Kok gitu?ada fakta medisnya sih. Dengan kerokan, pembuluh halus (kapiler) di permukaan kulit bahkan pecah dan terlihat sebagai jejak merah di tempat yang dikerok. Para pemijat selalu mengatakan bahwa tanda merah itu merupakan bukti bahwa Anda masuk angin. Padahal, orang sehat pun bila dikerok akan meninggalkan jejak merah yang sama.



4 comments on "Nyeri dada kanan dan mitos angin duduk"
  1. iya tah kak? itu gara-gara keseringan duduk d lantai tah ya? aku juga gitu. tapi pas dibawa jalan jadi enakan.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sih aku kalau kena dingin Bhek. makanya orang bilang masuk angin atau angin duduk.

      Delete
  2. ini sama bgd sama yg gua rasain...truss gimn kelanjutan dr penyakit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. So far ga gmn gimana..baik baik saja alhamdulillah

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature