Cara Mengingat kreatif

April 05, 2013

Ingatan adalah mitra dalam mengembangkan semua keterampilan mental lain. Kunci untuk belajar adalah kemampuan otak untuk mengubah pengalaman yang ada sekarang menjadi sandi dan menyimpannya agar di kemudian hari pengalaman tersebut dapat dipanggil kembali. Saya sering terlibat tebak-tebakan dengan orang yang saya ajak berinteraksi. Misalnya tadi pagi..

A: nonton gi joe 1 ga?

Saya: enggak. Sebentar, film India juga ada kan yang judulnya gi joe?

A: hah ? (kaget)

Beberapa menit kemudian..

Saya : setelah googling, film Amir khan yang pernah aku tonton itu bukan Gi Joe, tapi Ghajini. Hahaha memoriku memang aneh, mengingat kata atau nama dengan huruf pertama atau huruf kuncinya saja.

Itu hanya sepenggal kisah, belum lagi kisah hampir sama yang saya alami di Indomaret, di jalan, obrolan di meeting, bahkan saat ujian. Pernah saya mau ngisi jawaban ujian dan Cuma ingat beberapa huruf saja. Saya sudah lupa pertanyaanya apa..tapi saya aksih contoh begini.

Question: siapa yang menciptakan lagu Indonesia Raya?

Saya: aduh..apa ya..saya Cuma ingat huruf “W” “S” dan “P”...

Ternyata memang ada metode mengingat seperti ini. Tentu akan lebih hemat memori ya? Hehe..saya sering membayangkan untuk mengingat. Membayangkan apa saja, kadang malah jadi kewalahan karena ada ingatan-ingatan yang nggak penting. Tapi ada manfaatnya juga sih, saya sering ingat lokasi toko atau nama jalan meski baru satu kali lewat. Ilustrasinya begini:

Keluar komplek tempat tinggal saya adalah kawasan yang ramai dnegan ruko-ruko. Tiap berangkat dan pulang kerja, saya tanpa sadar menghafal bangunan-bangunan dan plang namanya. Suatu kali saya butuh jasa reparasi sepeda. Meski saya nggak begitu yakin, saya samar-samar ingat imej bengkel dengan plang putih menjorok ke jalan. Lokasinya sebelum toko kue, dan setelah lapak majalah. Setelah saya datangi, memang ada bengkel sepeda, dengan plang nama tooko warna putih.

Semakin banyak pengalaman yang diterima otak, semakin banyak sel yang mengirimkan cabang-cabangnya dari akson dan dendrit mereka untuk menghubungkan sel-sel itu dengan sebanyak mungkin sel lain untuk membantu memecahkan masalah yang ada.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature