Comro Mania

April 22, 2013

Comro, oncom di jero (oncom di dalam) adalah makanan khas sunda yang terbuat dari bahan dasar parutan singkong. Bahan tersebut diisi ampas tahu atau oncom yang sudah dibumbui, lalu digoreng. Saya rasa sih, comro itu modifikasi lokal risoles dan lumpia, LOL. Karena comro terbuat dari singkong dan kedelai, makanan ini sangat pas untuk cemilan sehat dan mengenyangkan. Rasanya gurih, harganya murah, dan tanpa bahan pengawet. Comro itu warisan kuliner nusantara yang harus dijaga ya, jangan sampai diakui negara lain. Makan comro bisa anytime, anywhere, tapi usahakan masih hangat ya. Semakin lama singkong berada dalam suhu kamar maka akan semakin keras teksturnya. Comro juga bisa dipadukan dengan aksesoris berupa cabe hijau atau saus-sausan lain tergantung selera.

Di kantor saya, comro lagi happening nih buat cemilan menggeser gorengan tempe. 3 pcs comro dihargai 2000 perak saja lho. Saya adalah comro mania sekarang, setelah beberapa bulan vakum karena tidak menemukan pedagang comro sekitar komplek.

Makan comro berarti juga memasyarakatkan program diversifikasi pangan, biar tidak tergantung sama beras dan gandum. Perut dibiasakan merasa kenyang dengan singkong.

image by: twicsy.com

2 comments on "Comro Mania"
  1. dari dulu pengin nyicipin belum kesampaiaaan -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di Jawa adanya yg isi gula merah (misro..alias manis di jero) haha

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature