Tradisi Syawalan Pekalongan

August 15, 2013


Syawalan adalah istilah untuk menyebut H+7 lebaran di Pekalongan. Masyarakat lokal juga menyebut dengan nama “bodo syawal”. Sepanjang saya hidup di Pekalongan, syawalan itu selalu identik dengan jalanan yang rame dan wisata ke pantai – pantai yang ada di Pekalongan atau Linggo Asri. Di lokasi wisata itu biasanya sangat ramai dan ada hiburan musik dangdut dari artis ibukota. Warga berbondong-bondong rombongan naik kendaraan bak terbuka pawai di jalan-jalan. Sejak jaman saya kecil, ada yang khas di daerah krapyak Pekalongan yaitu lopis raksasa. Lopis adalah kue yang terbuat dari ketan dan biasanya dimakan dengan kelapa atau saus gula jawa. Lopis ini diarak lalu dipotong dan dimakan ramai-ramai. Di hari syawalan, langit Pekalongan selalu ramai oleh balon-balon udara dan petasan. 


Suasananya jauh lebih meriah dari tahun baruan. Jika lebaran itu acaranya silaturahim dengan orang terdekat, maka syawalan adalah perayaan kemenangan bersama seluruh warga masyarakat.

Beberapa tahun belakangan ini, setelah saya sudah tidak eksis tinggal di Pekalongan ada tradisi-tradisi baru di syawalan. Diantaranya adalah arak-arakan gunungan Megono. Megono yang merupakan makanan khas di Pekalongan ini dibuat gunungan di tempat wisata alam Linggo Asri kabupaten Pekalongan. Yang masih sangat baru adalah tradisi pembuatan getuk raksasa dan gebral di Ambokembang dan Pekajangan.

Terakhir kali saya ikut syawalan adalah saat saya masih SMP, itu sudah lama sekali. Waktu itu saya bersama tetangga, rombongan ke pantai Ujunng Negoro Batang. Tahun ini saya mengikuti syawalan dari twitter, yap..sambil make a wish semoga syawalan tahun depan saya sudah jadi warga Pekalongan sejati. Amien..


Sumber gambar: twitter @kotabatik

 

2 comments on "Tradisi Syawalan Pekalongan"
  1. pekalongan kota budaya, semoga tradisi seperti ini tidak akan punah
    @kotabatik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien..dan semoga makin meriah tiap tahunnya. Selain menarik wisatawan juga mempererat self belonging warganya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature