Haram Membuang Limbah Batik ke Sungai

September 16, 2013

Mengkaji haramnya membuang limbah batik ke sungai? Ini sangat perlu. Sudah saatnya ulama turun tangan membantu penyelamatan lingkungan. Sebagai khalifah di muka bumi, jika kita arif dan bijak kita harus sadar akan dampak dari perbuatan kita terhadap lingkungan. Meskipun saya tinggal di daerah selatan Pekalongan yang sungainya masih deras dan jernih, miris juga kalau lihat sungai membelah kota besar tapi hitam dan berbau. Tak ubahnya seperti Jakarta saja sungai di Pekalongan saat ini. Beberapa tahun lalu, waktu saya masih kelas 10 SMA dapat tugas mengkaji pengaruh limbah jeans terhadap kehidupan ikan. Karena masih anak ingusan, hahah ya asal asalan saja hasilnya.

Ulama Kota Pekalongan dalam Batsul  Masail Konfercab XVI NU telah menetapkan haramnya membuang limbah batik ke sungai tanpa diolah lebih dahulu. Tentu ini bisa menimbulkan kontroversi, namun ini memang sangat penting dan bukan konspirasi dengan siapapun. Dasar pengambilan keputusan yang mengharamkan pembuangan limbah industri tanpa diolah terlebih dahulu: 

1. Bujairomi alal Iqna' : III/182

2. Fatawa Ar-Romly : III/12-13

3. Fiqhul Islam VI/450

Informasi ini saya dapatkan dari akun twitter @NUbatik . Untuk informasi lebih jelas dan lengkap bisa menghubungi Kyai Zakaria Anshor, Medono Kota Pekalongan atau Bapak Hasan Suaedy Dosen STAIN Pekalongan.


Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature