Ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

October 06, 2013
Sesuai rencana, Sabtu subuh pun tiba. Saya bersiap siap dan tak lupa membangunkan teman teman serombongan.
Barang bawaan yang harus dibawa segera dipindahkan ke bagasi. Penampakannya seperti foto di atas. Kami berkumpul di depan masjid dekat komplek dengan solat subuh terlebih dahulu. Bagi bagi logistik perbekalan, dan kotak kue untuk sarapan dilakukan sebelum mobil meluncur menuju Cianjur Jawa Barat melalui Bogor.

Menemui keindahan matahari terbit di kebun teh Gunung Mas puncak pass Bogor. Alhamdulillah cuaca pagi itu cerah, jalan pun lancar jaya.
Sekitar 3 jam dari start, kami sampai di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Matahari sudah agak tinggi, kami ber 10 segera mengisi perut dengan menyantap mi rebus pakai telor di warung sekitar pintu masuk. Ransel yang berisi perbekalan segera digendong, kecuali Fikri. Dia hanya bawa diri, alas kakipun hanya sandal jepit.
Beberapa saat kemudian, pemandangan berubah jadi pepohonan dan jalan tangga berbatu. Yak..dari titik 0m kami menuju titik 2800m di ketinggian 1675m dpl.
Setelah mendaftar di pos pertama, kami resmi memasuki jalur Pendakian.
Kaki mulai mengayuh lebih sering, mata dimanjakan dengan asrinya hutan submontana yang dipenuhi pepohonan tinggi (banget), telinga diperdengarkan dengan aneka suara serangga dan burung asli (bukan mp3).
Setengah perjalanan nanjak, saya sampai di kawasan yang datar. Telaga biru namanya. Teman teman sempat mengira bahwa kali kecil yang mengalir di pinggir jalur itu telaganya. Haha bukaaannn..telaga itu semacam danau jadi bukan kali.
Tak jauh dari telaga, saya harus melewati rawa Panyangcangan. Tenang saja, rawa sudah diberi jalan khusus dari beton kok. Dari sini, jika cuaca cerah kita bisa melihat puncak gunung gede Pangrango.
Sory nih kalau foto di atas terlalu narsis, hehe.
Melawati area rawa berarti kita akan segera sampai di pos 2. Di sini kita bisa memilih rute selanjutnya. Curug yang 0,5km atau puncak gunung gede dan pangrango.
Karena kami cuma niat hiking, yang kami pilih adalah air terjun. Air terjun yang ada di sana ada 3 buah. Curug Cibeureum terdiri dari air terjun utama Curug Cibeureum, dan dua air terjun lain yang lebih kecil, Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Curug Cibeureum adalah air terjun terbesar dan paling pendek di kawasan ini, letaknya yang lebih terbuka dan dekat shelter sehingga lebih banyak dikerumuni.
Di sebelah kanan Curug Cibeureum adalah Curug Cidendeng, ukurannya lebih tinggi dan langsing. Airnya melintasi tebing batu-batu trap dan jatuh menimpa lereng tebing yang berlumut. Sedangkan yang paling kanan adalah Curug Cikundul, letaknya yang sangat tinggi dan agak tersembunyi di ceruk dua tebing.
Yang paling berkesan adalah curug Cikundul. Airnya sangat dingin seperti air dari kulkas. Kaki saja sampai kaku dan cekit cekit. Subhanallah deh.
Perjalanan total sampai tempat ini adalah 2 jam (jalan santai). Segera setelah makan siang dan menikmati, kami turun. Di rawa panyangcangan kami duduk duduk ngemper di jalanan (niatnya tidur..tapi malah cerita kesana kemari).
Rombongan sampai di pos pendaftaran masih dalam waktu dzuhur, alhamdulillah lancar jaya. Mobil meninggalkan kawasan gunung gede Pangrango pada jam 5 sore setelah bebersih dan makan. Hujan menerjang, kabut tebal, dan..sekali lagi alhamdulillah pada jam 21.30..sudah mendarat kembali di komplek.
Info tambahan nih, bagi yang mau naik ke puncak gunung gede pangrango, jalur Gunung Putri saat ini sedang ditutup. Maksimal yang diperbolehkan naik tiap harinya 600 orang, pastikan reservasi online di web resminya TNGGP jauh jauh hari. Apalagi kalau mau naik saat weekend, sering full book.
Melestarikan alam, budaya, dan sejarah, adalah langkah nyata mempertahankan dan menumbuhkan peradaban.

2 comments on "Ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango"
  1. Wah, asyiknya... tapi sayangnya gak semua foto curugnya diupload y Mbak

ReplyDelete
  2. Iya Kak Asto,,keburu kamera hape nya mati habis batre. 2 curug yg lain dokumentasinya masih di camdig,,hehe.

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.