Susu kedelai

December 17, 2013

Susu kedelai itu sebenarnya bukan susu, tapi sari kedelai. Iya iyalah kalau susu kan cairan yang dihasilkan dari kelenjar susu. Hampir tiap pagi saya minum susu kedelai (sorry, lebih enak nyebut susu kedelai sebagai susu). Susu kedelai yang saya beli harganya Cuma 1000 rupiah lho, ya karena produksi rumahan gitu. Saya lebih suka susu kedelai daripada susu sapi kalau buat pagi-pagi. Susu sapi mengandung banyak hormon triptofan, yang ada saya malah ngantuk di kantor. Meski bukan susu, katanya sih kandungan protein dan mineral dalam sari kedelai mirip kandungan susu. Ada yang nggak suka susu kedelai karena baunya, tapi tergantung bikinnya kok. Kalau tekniknya benar, rasanya enak nggak bikin eneg. Kita bisa sebenarnya buat sendiri susu kedelai, coba saja deh.

 

1.        Cuci bersih kedelai dengan air yang mengalir hingga benar-benar bersih

2.       Selanjutnya rebus kedelai sekitar 15 menit

3.       Angkat kedelai dan rendam dengan air bersih sekitar 10-12 jam agar kedelai melunak dan kulit arinya mudah terkelupas.

4.      Setelah itu cuci kembali kedelai dengan air bersih sambil diremas-remas agar kulit ari terkelupas.

5.       Jika sudah selesai kedelai bisa di blender, saat memblender bisa diberi air secukupnya.

6.      Setelah kedelai halus, maka campurlah dengan air mendidih secukupnya dan saring menggunakan saringan atau kain bersih untuk memisahkan ampas.

7.       Susu kedelai anda sudah jadi, namun masih harus direbus lagi hingga benar-benar mendidih. Tujuanya adalah untuk mensterilkannya dari mikroba, bakteri dan juga menghilangkan bau dari kedelai.

8.      Setelah mendidih maka kecilkan api dan aduk aduk susu kedelai selama kurang lebih 15 menit. Tujuanya agar sari sari kedelai tidak mengendap serta membuat susu kedelai lebih tahan lama.

9.      Setelah itu anda bisa menambahkan gula dan sedikit garam sesuai dengan selera. Jangan lupa masukan juga vanili agar aromanya semakin lezat.

10.    Minuman ini cocok di sajikan selagi hangat maupun di dingankan dulu di kulkas.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature