Merancang Selokan Drainase

January 18, 2014

Jangan heran, ini memang musimnya. Sejak SD kita sudah paham kalau Januari itu pasti hujan seharian. Tidak perlu bertanya mengapa hujan mendatangkan banjir. Jika kita care sama sekeliling, pasti sudah tahu banjir pasti datang. Perumahan dibuat asal-asalan tanpa drainase, atau sengaja membeton drainase yang sudah ada, dan paling parah adalah tidak adanya saluran drainase di pinggiran jalan raya. Okedeh saluran drainase atau istilah awamnya selokan kali ya, mutlak ada dimanapun. Dan selokan nggak bisa dibuat asal tanpa adanya perhitungan dan pemeliharaan.
Saat ini saya tinggal di komplek yang selokannya mantap banget, seluruh blok dikelilingi selokan nan dalam (1meteran). Jalanan komplek, setiap bebera meter diberikan "sodetan" ke arah selokan. Terbukti, saat hujan melanda dengan derasnya komplek aman dan damai tanpa genangan. 

Pada waktu kuliah, saya dapat materi tentang perancangn selokan. Ada rumusnya lho sebuah selokan itu. Data yang harus diketahui saat akan merancang selokan adalah curah hujan wilayah tersebut. Dalam merencanakan selokan samping meliputi tiga tahapan yaitu analisis hidrologi, perhitungan hidrolika dan gambar rencana. Analisis hidrologi dilakukan berdasarkan curah hujan, topografi daerah, karakteristik daerah pengaliran serta frekuensi banjir rencana. Dari hasil analisis hidrologi diperoleh besarnya debit air yang harus ditamping oleh selokan samping. Kemudian atas dasar debit yang diperoleh, dimensi selokan samping dapat kita rencanakan berdasarkan perhitungan hidrolika. Dalam perhitungan hidrolika untuk menentukan debit (Q) biasanya menggunakan Rumus Rational Formula dan untuk menentukan dimensi selokan mengunakan Rumus Manning. Kalau sudah dibuat, selokan harus dirawat. Selokan itu untuk limbah cair, bukan untuk penampungan limbah padat. 
Kenapa selokan? Sebelum mikirin sungai, kita lihat dulu yang paling dekat dengan kita. Apalagi kalau sudah mikirin penggunaan lahan di puncak, pembangunan waduk, itu Pak Jokowi dulu..hehehe. Care ya sama selokan di lingkungan kita. 
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature