Bhutan Fact's

February 01, 2014
Bhutan, sebuah negara di dekat Nepal dan ber ibu kota di Thimpu. Thimpu adalah satu-satunya ibu kota di dunia yang tidak memiliki satu pun lampu lalu lintas. Sebagai gantinya, pada perempatan jalan utama, ada seorang polisi yang mengatur lalu lintas. Beberapa tahun lalu, hampir akan ada lampu lalu lintas..tapi ditolak raja. Raja di bhutan tidak boleh dianggap bersalah. Jika di India sapi adalah binatang terhormat, maka di Bhutan raja jalanan adalah anjing. 
Bhutan adalah negara pertama di dunia yang melarang merokok, penjualan tembakau dilarang. Rahib lebih banyak daripada tentara. Angkatan bersenjata memproduksi sebagian besar minuman kera yang ada di Bhutan. Bhutan memang tempat "logika terbalik". Di sini nomor 13 dianggap mujur. Anak-anak menyambut Anda dengan "bye-bye", dan yang aneh adalah raja ingin memberhentikan dirinya sendiri. Mariyuana yang di negara lain dihisap, di Bhutan justru diberikan kepada babi. Hal ini menjadikan babi lapar dan oleh karena  itu gemuk. 

Itulah keunikan Bhutan. Bhutan menganut Gross National Happiness. Yak "happiness". Keberhasilan pemerintahan bukan berdasarkan nilai ekonomi melainkan nilai kebahagiaan. Apakah kebahagiaan bisa diukur? Gross National Happiness berarti mengetahui berbagai keterbatasan Anda, mengetahui  seberapa banyak adalah cukup. Seperti yang dikemukakan oleh ahli ekonomi nonkonvensional E.F. Schumacher, "terdapat banyak masyarakat miskin yang memiliki terlalu sedikit. Namun, dimanakah masyarakat yang mengatakan 'Berhenti! Kami memiliki cukup!'tidak ada."

Kekayaan membebaskan kita dari pekerjaan manual, namun kekayaan juga dapat menghalangi semangat manusia. Makin kaya suatu masyarakat, makin sulit mereka melakukan hal tanpa imbalan segera. Gross National happiness merupakan konsep tidak jelas yang mudah dimanfaatkan siapapun dengan dalih tertentu. 

Itulah yang saya pelajari tentang Bhutan, negara yang saya sendiri nggak sadar bahwa itu adalah negara. Pernyataan-pernyataan di atas dikutip dari buku The Geography of Bliss.


Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature