Jebakan Akun Wanita Palsu

May 23, 2014
Penjahat nggak cuma ada di dunia nyata, tapi ada juga di dunia maya. Banyak banget orang yang nggak nyadar bahwa apa yang dilakuin di dunia maya itu bisa banget mempengaruhi kehidupan di dunia nyata. Banyak banget modus yang dilancarkan para penjahat dunia maya untuk melakukan berbagai kejahatan. Salah satunya adalah membuat akun palsu dengan avatar wanita padahal sesungguhnya si penjahat adalah pria. 
Berikut bakal gue share beberapa tip biar kalian nggak jadi korban pria beravatar wanita di dunia maya:

1. Cek Album fotonya
Cewek itu biasanya hobby banget foto-foto. Cewek suka banget ngeshare foto aktivitas-aktivitas mereka sehari-hari. Mulai dari foto bangun tidur, sampai foto pas abis cebok dan lupa belum cuci tangan. Nah, biasanya, penipu yang mau make foto cewek buat avatar account palsunya, bakal milih foto-foto dari model cewek yang cantik-cantik, tapi yang kurang terkenal juga. Karena para penipu itu make foto dari model-model, biasanya foto yang ada di galeri twitter atau FBnya nggak bakal ada foto yang biasa. Pasti fotonya pake pose model dan editan yang cantik semua. So, kalian boleh curiga kalo nemu akun twitter/FB beravatar cantik, tapi albumnya nggak ada foto pas ngumpul-ngumpul sama teman-temannya atau foto-foto kegiatan sewajarnya manusia.

2. Cek Obrolannya
Kembali lagi kepada sifat dasar cewek yang suka ngerumpi. Pastinya di twitter dia bakal ditemuin banyak banget obrolan atau rumpian berisi gossip atau bahas perbandingan besarnya diskon antara indomaret dan alfamart bareng teman-temannya. Kalo si penipu itu make avatar cewek cantik dari antah barantah, pastinya di dunia maya dia nggak bakal punya teman yang berasal dari dunia nyata. So pasti, dengan keadaan kayak gitu, tweetnya bakal berisi tweet2 galau, atau nyamberin tweet-tweet orang, atau getol mentionin selebtwit doang. Dia nggak bakal ngobrolin soal pengalaman sehari-hari bareng teman-teman dunia nyatanya. Karena dia nggak punya.

3. Yang difollow siapa aja?
Ini berhubungan dengan point nomor 2. Kalo dia nggak punya teman di dunia nyata, pastinya di dunia maya dia cuma bakal follow akun-akun terkenal doang. Atau, palingan dia bakal follow teman-teman baru yang dia dapet di dunia maya. Ya, bisa aja para teman-teman baru itu adalah "calon korban"nya.

4. Cek sumber potonya
Coba tiap dia upload foto selfie, lo save potonya. Terus, lo buka:http://image.google.com (via KOMPUTER/LAPTOP, bukan yang MOBILE).

5. Tolak permintaan aneh-aneh
Meskipun kalian udah ngerasa akrab sama orang yang kalian temuin dari dunia maya itu, kalian kudu tetap waspada dengan semua sikapnya. Jangan sampe kalian ngikutin gitu aja semua permintaan dia tanpa pertimbangan yang matang. Kalo perlu kalian boleh konsultasi dulu kepada orang yang kalian percaya untuk menghadapi masalah ini. Jangan sampe kalian diporotin, dilecehin atau dijual organ tubuhnya cuma gara-gara keputusan yang gegabah. Kalo tuh orang udah berani minta pulsa, apalagi minta duit dengan alasan aneh-aneh, kalian boleh curiga. Atau, misal si dia ngajakin ketemuan di tempat tidak sewajarnya, misal di semak-semak atau di kuburan cina, kalian juga nggak boleh gegabah ngikutin aja. Siapa tau di sana, kalian udah ditunggu sama gerombolan si berat.

6. Ajakin skype

Kalo admin account abal-abal beravatar seksi tadi adalah cowok, tentunya dia nggak bakal pernah berani buat diajak skype, atau video call. Soalnya kalo ampe dia berani skype-an, tentunya si korban bakal ngeliat jakun si pelaku. Jadinya, identitasnya bisa kebongkar.

6. Jangan Mudah Jatuh Cinta

Ini tip paling manjur untuk menghindari penipuan di dunia maya. Jangan sampe kalian jatuh cinta gitu aja cuma gara-gara avatar si cewek ini terlihat sangat seksi atau cantik. Mau bagaimanapun, yang namanya cinta nggak boleh diawali dari penampilan belaka, apalagi diawali oleh avatar saja. Kunci dari lancarnya modus penipuan di dunia maya memang si penipu ini harus membuat si calon korban untuk jatuh cinta kepadanya. Soalnya, cowok kalo udah dimabuk cinta itu bisa jadi kayak babi yang ditindik hidungnya. Bawaannya nurutttt aja.

Pokoknya, kalian harus bisa bedain antara "Jatuh Cinta" sama "Penasaran Aja". Banyak orang yang mengawali hubungan cinta di dunia maya secara tak sadar cuma karena penasaran aja. Akhirnya, setelah ketemuan dan pasangan nggak sesuai sama ekspektasinya, mereka bakal kehilangan rasa cintanya. Ya, terlalu banyak orang mengawali rasa cinta karena penasaran. Jadinya, susah ngebedain, itu cinta, atau cuma obsesi. Saran gue, dunia maya itu buat nyari hiburan aja. Dunia nyata masih lebih indah dan bisa menyajikan cinta yang nyata kok. :)

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature