Masa Depan Pangan

May 21, 2014
Tahun 2050 manusia masih makan nasikah? Atau cuma makan kapsul? Prediksinya, pada 2050 jumlah populasi manusia mencapai 9M jiwa. Bagaimana cara mencukupi kebutuhan pangan? Inilah yang sedang dibahas Natgeo. 
Bulan-bulan lalu aku setia baca majalah hiburan semata, kebetulan banget aku beli natgeo bulan ini (karena tertarik sampulnya). Cocok banget nih buat teman-temanku di IPB. Ya..ya saya masih sangat peduli dengan hal ini. Aku akan ikuti tiap episode bulanan natgeo yang sengaja membahas isu food safety hingga penghujung tahun. 

Kalau kamu pernah atau sedang ambil mata kuliah yang ada "embel-embel" pertaniannya, aku rekomendasikan. 
Ada banyak hal yang perlu kita tahu. Bagaimana makanan dihasilkan dan apakah produksi pangan dilakukan dengan cara berkesinambungan, efisien, serta aman. Membandingkan pola pertanian dari seluruh penjuru dunia, ya..di Indonesia mungkin sudah membudaya mewariskan tanah pertanian. Warisan dibagi, lalu dibagi lagi, dst hingga akhirnya lahan pertanian (sawah misal) dimiliki secara perorangan dengan jumlah yang sedikit. Hal ini berdampak sistemik. Mulai dari pola tanam, hingga resistenitas hama. Berbeda kiranya dengan petani gandum di AS, yang kepemilikan lahannya bisa seluas wilayah kecamatan hehe. 
Seperti yang terjadi dengan semua sumber daya lain yang dibutuhkan dalam kehidupan - air, udara, energi - (bukan avatar nih) kebutuhan pangan perlu diseimbangkan dengan kesinambungan. Dalam memenuhi kewajiban kita terhadap kemanusiaan, kita tak boleh mengabaikan tanggung jawab terhadap bumi.

Beberapa kutipan dari NatGeo Magz. 
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature