#dietKantongPlastik Tentang plastik biodegradable

September 20, 2014
It was a good news when biodegradable plastic first discovered. Coba deh lihat plastik warna putih yang kamu dapatkan dari swalayan. Ada tulisan "Biodegradable plastic bag". Di majalah langgananku, ada artikel berjudul "Biodegradable plastic bag, are they really a better option?"

Biodegradable plastic bag katanya bisa terurai lebih cepat dan tentunya lebih ramah lingkungan. Tapi apa iya biodegradable plastic bisa jadi solusi buat ngurangin sampah plastik?

The Truth of Biodegradable Plastic
Plastik biasa, dapat terurai sampai 1000 tahun. On the contrary biodegradable plastic has been claimed that it will completely degrade and break down returning to nature within 12-24 months and leaving absolutely NO residue or harmful toxins. But the problem is, the claim may unproven or to good to be true. Biodegadable plastic terbuat dari minyak atau gas alam, seperti kantong plastik pada umumnya. Yang membedakan, dalam pembuatannya biodegadable plastic membutuhkan penambaham zat kimia atau bahan aditif tertentu untuk menurunkan berat molekul agar dapat mempercepat proses degradasi. Selain gas alam, ada juga bahan film yang mengandalkan resin untuk degradasi pada kondisi tertentu. Yang lebih mengkhawtirkan lagi, bahan-bahan tersebut bisa memproduksi gas metana yang dapat memicu efek rumah kaca.

Why it's not an ultimate solution?
Kantong plastik biodegradable memang tidak akan terdegradasi dengan sempurna kalau diletakkan dalam kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Hal ini disebabkan oleh zat aditif yang dikandungnya, salah satunya adalah pati (yang bersifat hydrodegrade). Jenis ini dibuat dari jagung, kentang, dan gandum. Kantong plastik yang terbuat dari pati ini membutuhkan kelembapan, panas dan aerasi tertentu untuk bisa terurai. Jadi jenis kantong plastik ini tidak akan terurai di TPA karena ketersediaan oksigen di sana akan minim sekali. Memang perlu sih TPA khusus untuk biodegradable plastik.

What should we do?
It may sound so classic, but stop using any forms of plastic bag. Tapikan.,,,yaudah kita #dietkantongplastik yuk. Aku sengaja menyimpan kantong-kantong plastik yang 'terpaksa' diterima dari kasir. Bukan cuma kantong plastik sih, karet gelang juga. Nah kantong ini bisa dipakai lagi misal buat buang sampah, antar baju ke laundry, atau buat belanja lagi. Nah kalau disimpan begini, kita jadi sadar kalau tiap hari nerima plastik gratisan terus akan jadi sebanyak apa??? Ini nih koleksi kantong plastikku.


Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature