Meneguk Manfaat Teh hijau

September 16, 2014
Manakah yang lebih baik, teh hitam atau teh hijau? Lho memangnya beda ya..bukannya teh itu semuanya hijau lalu pas sudah diproses jadinya hitam? Enggak gitu. 

Teh hitam, teh hijau, teh oolong (teh putih)
Teh hijau dan teh hitam pada dasarnya sama, tapi ada perbedaan dalam proses pembuatannya. Teh hijau tidak mengalami proses oksidasi (sering disalah artikan jadi fermentasi). Proses oksidasi pada teh akan menyebabkan warna daun teh kehitaman dan rasanya lebih "sepet". Teh hijau tidak melewati proses oksidasi, kalau teh putih melewatinya 50% aja (oksidasi sebagian). 
Teh hijau warnanya seduhannya lebih terang kan? Dan daun tehnya masih berwarna hijau. Itu sih yang bedain. Kalau secara kimiawi kurang tau juga ya.


a cup of green tea

Beralih ke teh hijau
Budaya ngeteh sudah ada sejak zaman doeloe di keluargaku. Tapi ngetehnya teh hitam. Masuk angin obatnya ngeteh, capek juga disaranin ngeteh, pokoknya kalau ketahuan sehari belum ngeteh bisa diomelin ahahaha. Belakangan ini, mulai ngerasa aja kalau ngeteh hitam hasil nyeduh sendiri pasti jadi segerrrrr seharian semalaman. Aku kalau nyeduh teh, kentel banget sih memang biar mantap. Makanya sekarang beralih ke teh hijau yang kandungan kafeinnya lebih rendah. 

Manfaat ngeteh
Kalau sudah nggak fokus, pengen marah-marah melulu, capek, paling asik ya ngeteh. Aku jarang banget ngopi. Sekalinya ngopi bisa begadang deh ditambah jantung deg-deg an. Usut punya usut teh itu bermanfaat buat kesehatan dan kecantikan. Aku sih memang susah gemuk ya dari dulu, tapi biarpun kurus...selalu lincah hahahhaah. Mungkin salah satu efek dari kebiasaan ngeteh. Banyak yang heran "kok kamu jarang ngemil sih?" emang nggak pingin kok. Kalau menurut yang kubaca sih teh itu bikin kenyang, mengurangi nafsu makan, makanya sering dibilang teh bisa buat diet. Yang paling aku harapkan sebenarnya manfaat kandungan antioksidan nya itu. Tinggal di kota dengan polusi macem-macem sumbernya bikin kita harus waspada dengan ancaman penyakit. Antioksidan ini manfaatnya menangkal radikal bebas. 

Jangan berlebihan
Apa aku ngeteh tiap hari? Iya kalau pas di kampung halaman. Kalau lagi di perantauan sih, palingan sehari segelas (1 kantong teh celup). Teh itu sifanya antideuritik ya, jadi bikin ingin buang air kecil terus. Sebaiknya jangan banyak-banyak deh minumnya, imbangi juga sama air putih.

Quote
"You can't buy happiness...but you can buy tea..and that's kind of the same thing."




2 comments on "Meneguk Manfaat Teh hijau"
  1. Aku juga suka banget teh hijau rul

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar sehat dan enerjik kayak orang Jepang..hohoho

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature