Mobil murah LCGC mau dicabut?

September 23, 2014
"Kalau saya punya mobil LCGC, janji deh mau pakai Pertamax. Dan yang nggak kalah penting mau pakai plat "G" biar aman masuk Bogor atau Bandung."

Wacana nya, di pemerintahan Jokowi mobil murah LCGC (low cost green car) mau dicabut. Alasanya karena tujuan dari LCGC tidak tercapai.

LCGC
Apa sih LCGC? Jadi ini adalah kependekan dari low cost green car. Mobil murah yang didesain sedemikian rupa agar jadi mobil ramah lingkungan. Salah satu aspek ramah lingkungan dari LCGC yaitu bisa menghemat pemakaian BBM. Kebetulan aku terlibat dalam pembuatan salah satu part untuk LCGC. Produsen mobil memang menerapkan standar yang sangat ketat untuk aspek bahan bakar ini. Selain perilaku konsumen, aspek penghematan juga bisa diakali dari teknologi dalam perancangan produk itu sendiri.

LCGC gagal? 
Kata Pak Jokowi sih gitu. Duh sedih aku. Ya memang sudah pasti ya, kalau dengan adanya mobil yang harganya ekonomis maka jumlah pemilik mobil akan bertambah. Semakin banyak mobil maka konsumsi BBM akan semakin tinggi, dan tentunya.....kemacetan. Tapi ini bukan salah LCGC semata. 
Coba deh analisa lagi, faktor kesadaran dari pengguna juga harus dipertimbangkan. Si mobil memang sudah didesain agar hemat bahan bakar, tapi kalau usernya jadi manja...(misal menempuh 500m aja pakai mobil) itu bukan salah LCGC dong. Lalu masalah macet, banyak solusi lain tentunya. Satu lagi, masalah ekspor LCGC yang di bawah target..hemmm ini juga harus dikaji lagi. 

Solusi
Sudah saatnya mobil-mobil yang melaju di jalanan Indonesia adalah mobil ramah lingkungan. Yang hemat bahan bakar, yang emisi karbonnya rendah, yang kebisingannya rendah, dan faktor-faktor lainnya. Solusi pembatasan jumlah kepemilikan mobil, usia mobil, dan aturan ketat pembelian LCGC aku rasa bijak. Misalnya LCGC hanya boleh dimiliki oleh user dengan pendapatan maksimal sekian juta perbulan. Dan yang tidak kalah penting nih... "Siapapun presidennya kalau pola pikir rakyatnya masih egois, manja, ngga disiplin, ya hasilnya sama saja..."




Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature