Nilai

September 08, 2014
"ada kalanya kemajuan zaman malah mengurangi suatu nilai." (Teman, 2014).

Sempat terpikir olehku mengenai pandangan kedepan dari permainan panjat pinang. Ngapain kok aku mikirin masa depan panjat pinang? Ya..kan kita harus visioner, pinang aja dipikirin.
*nyomot foto temen

Pinang masa depan
Coba lihat gambar di atas deh, pohon pinang dengan segala hadiahnya menjuntai. Itu cuma bungkusnya kok. Bayangin kalau itu asli isi kompor gas, pas pinang dinaiki rame-rame, goyang...rafia nya putus...dan benjut (bahasa Pekalongan untuk "remuk") itu kepala. Aku mikir kenapa harus pakai bungkus gitu sih? Kenapa nggak cuma tulisan aja...kertas dilaminating gitu "kompor gas" hahahha. Atau lebih maju lagi, cuma ada 1 styrofoam gede tulisanya "voucher belanja  1 juta". Nahh ini lebih asik, kalau yang manjat ada 10 orang, kan gampang mbaginya. Hahahah. Panitia nggak perlu repot belanja, biar terserah para pemanjat pinang hadiahnya mau dibeliin susu anak apa minyak goreng. Atau mau pakai metodenya Super Deal. Ada 3 pinang dengan puncak yang ditutupin kain. Grup disuruh milih,,,mau naik pinang 1, 2, atau 3..atau mau nggak naik pinang tapi dapat 500rebu. Hahahahha. Yang seru kan kalau sudah nyampe puncak eh dapetnya tulisan Zonk. Tentunya di atas cukup pakai styrofoam aja,,nggak mungkin kan digantung motor. 

Nilai
Balik lagi ke esensi panjat pinang. Esensinya buat dapetin hadiah dengan cara seru dan gotong royong. Budaya panjat pinang ya sudah dari dulu begitu. Mungkin nanti kalau pinang masa depan itu diaplikasikan, banyak yang protes dan nggak mau manjat. Kan repot. Hahaha. Itulah nilai. Meskipun esensi itu lebih penting daripada perwujudan fisik, tapi dalam kasus panjat pinang...wujud fisik hadiah adalah nilai yang harus dipertahankan.

Quote
"Nilai yang diwariskan oleh kemanusiaan hanya untuk mereka yang mengerti dan membutuhkan." (Pramoedya Ananta Toer, Rumah Kaca, hlm. 39).





2 comments on "Nilai"
  1. Kalo di tempatku, di atas nggak ada hadiahnya mbak. Cuma ada botol-botol yang isinya kupon. Nanti ditukar sama hadiahnya. Entah apa hadiahnya. Jadi setiap tim yang berhasil manjat sampe atas, berhak ngambil 6 botol. Trus gantian sama tim lain. Kalo ada tim yang berhasil manjat 3 kali, ya berarti mereka punya 18 botol. Kalo kyk panjat pinang biasa yang hadiahnya langsung begitu, begitu ada yang berhasil, pasti langsung dihabisin tuh hadiahnya. Selesai deh lombanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh..sistemnya sudah lebih maju berarti, sudah mendekati "pinang masa depan". kalau di kampungku masih "konvensional". nggak ada tim, jadi itu hadiah sepohon-pohonnya dikasihin ke serombongan orang itu. cuma 1 tim aja.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature