Dreaming in english

October 17, 2014
Bahasa ibu adalah bahasa Indonesia dan sesekali bahasa jawa. Dalam aktivitas menulis, membaca, juga lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Kenapa sering mimpi pakai bahasa asing, khususnya bahasa inggris? Kemampuan bahasa inggris saya masih tingkatan “B” kalau di EF (english first), jauh dari advance. Conversation saja masih pakai native jawa (medog).

Riset
Mencari sumber informasi tentang Dreaming In Foreign Language saja saya butuh google translate. Ya, informasi yang berbahasa Indonesia hampir nggak ada. Katanya sih, fenomena mimpi dalam bahasa asing masih sulit dijelaskan. Kalau saya dalam aktivitas sehari-hari pakai bahasa inggris..mungkin banget ya bisa gitu, kan secara nggak sadar otak merekam aktivitas kita seharian..lalu kebawa mimpi.

Mimpi berbahasa asing tidak menuntut seseorang harus lancar menggunakannya pada kehidupan nyata, alam bawah sadar benar-benar baik dalam merekam informasi (www.psychologytoday.com). Mungkin saja apa yang saya ucapkan di alam mimpi, kosakata nya pernah saya pelajari. Nggak harus ngafalin kamus, misal saat kita membaca artikel, buku, atau bahkan nonton film berbahasa asing. Alam bawah sadar merekam secara detail.

Sweet Moment
Ending dari mimpi asing saya itu, semalam, saya mengungkapkan cinta kepada orang-orang yang saya sayangi. Ini penting. Ketika kembali ke alam sadar, langsung aja gitu bercucuran air mata.

Quote
No matter the case, a dream in a different language should be taken as an incredibly positive sign of language improvement and awareness.


Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature