Tentang BPJS Kesehatan bukan Kartu Indonesia Sehat

November 04, 2014
Berita TV tadi pagi gerudukan membahas kartu Indonesia sehat (KIS). KIS apaan sih, sodaraan nggak sama BPJS? Jawabanya, KIS dan BPJS itu sodara tiri. Hahaha. Sama-sama niatnya membantu rakyat Indonesia mendapatkan jaminan kesehatan. Lha..kenapa dua-duaan sih..tumpang tindih dong fungsinya?
source

Sejarah
Kartu Indonesia Sehat itu dulunya bernama JKN (JAMinan KESehatan NASional), seingatku sih Kartu ini untuk warga kurang mampu. BPJS katanya muncul karena desakan serikat buruh. Sudah ada Jamsootek untuk perlindungan dari kecelakaan kerja, tapi kalau untuk pelayanan kesehatan sehari-hari pas sakit dan untuk keluarga karyawan memang belum ada. Selama ini perusahaan masing-masing yang menanggung. BPJS juga penyatuan dari Askes, yang dulunya dipunyai oleh PNS, TNI, Polri.

Jadi BPJS itu apa?
BPJS singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Percabangan dari BPJS ada BPJS Ketenagakerjaan (yang dulunya jamsostek), dan BPJS Kesehatan. Nah, BPJS Kesehatan ini yang wajib dimiliki seluruh RAKYAT INDONESIA. Eh..juga termasuk PEKERJA ASING yang ada di INDONESIA.

Wajib ya?
Ya, wajib banget. Aturannya bisa dilihat di PerPres 111/2013 Ps.6 a.3, PerPres no.12 tahun 2013, UU no.24 tahun 2011. Karena wajib, ada sanksinya dong kalau nggak jadi anggota BPJS Kesehatan. Bagi perusahaan ada, bagi perorangan ada. Kalau bagi perorangan bisa nggak boleh bikin SIM, Paspor, surat tanah, dan masih banyak lagi. Ngeri kan?

Waktu Pemberlakuan BPJS Kesehatan
Ini nih harus diperhatikan.

Fasilitas Kesehatan
Nah,,,kalau pakai BPJS Kesehatan, ada aturan khusus nih. Misal sakit, kita nggak bisa langsung ke rumah sakit (kalau nggak emergency). Ke klinik dulu. Kliniknya juga nggak boleh asal. Harus yang terdaftar di BPJS, dan areanya sama dengan yang sudah ditetapkan di kartu. Apa? bingung ya? Contoh nih:
KTP saya Pekalongan, Jateng. Tapi kerja saya di Bekasi. Saya daftar BPJS Kesehatan di perusahaan. Domisili otomatis lebih banyak di Bekasi. Fasilitas kesehatan yang disarankan oleh BPJS adalah yang berada di regional daerah tempat tinggal di Bekasi (meski ngekos). Misal saya sakit di Pekalongan, nggak bisa serta merta ke klinik BPJS di sana, saya harus minta surat keterangan dari RT setempat terlebih dahulu.
Berikut ini list Fasilitas kesehatan di kabupaten, kota, Pekalongan dan Batang (November 2014).


Cara Join
  • Fotocopy KTP pekerja dan keluarga
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Pasfoto berwarna 3x4cm, 1 lembar
  • Fotocopi surat nikah, kalo istri tidak ada di KK
  • Fotocopi surat keterangan kelahiran, kalo anak tidak ada di KK

Kalau pekerja, tinggal isi form dan lampirkan syarat di atas lalu serahkan ke HRD tempat kerja. Kalau perorangan, bawa saja ke kantor BPJS terdekat.

So...
Kartu Indonesia Sehat ataupun BPJS harus dikawal pelaksanaanya. Kasus sperti ada obat yang tidak tercover oleh faskes, atau ada pasien yang harus bayar darah (padahal harusnya tercover) ini harus diperjelas. Kalau ada ketidakberesan yang dihadapi, langsung saja hubungi PIC BPJS fasilitas kesehatan terkait.

Yang saya tulis ini baru dari sisi pasien, bagaimana dari sisi penyelenggara fasilitas kesehatan? dokter? apotek? Apakah prosedur pembayaran untuk mereka sudah clear? nggak mau dong ada kasus, rakyat dilayani SEADANYA karena pakai BPJS. emang kenapa? Karena pembayaran dari pemerintah ke fasilitas kesehatan dan kawan-kawan sistemnya masih kacau. 






1 comment on "Tentang BPJS Kesehatan bukan Kartu Indonesia Sehat"
  1. selamat siang . . .senang bisa berkunjung dihalaman yang banyak memberiakn informasi serta luar biasa ini sukses selalu dan salam sejahtera.
    visit : my site

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature