Maulid Barzanji

December 27, 2014
Bulan Maulid, suasana kampung meriah dengan sholawat. Pembacaan kitab maulid al barzanji. 
        
Kitab maulid al-barzanji adalah salah satu kitab maulid yang paling populer dan paling luas tersebar ke pelosok negeri islam. Kandungannya merupakan intisari sirah nabi yang meliputi kisah kelahirannya, pengutusannya menjadi rasul, hijrah, akhlaq, peperangan hingga wafatnya; yang tercakup dalam lima bahasan utama.

Kitab maulid al-barzanji juga menceritakan keagungan akhlak dan kemampuan politik Muhammad secara indah. Penulis menyampaikannya dengan puitik dan membangkitkan semangat. Penulis acapkali menyebut Rasulullah saw dalam sapaan-sapaan bahasa kosmik seperti "wahai Engkau sang mentari, wahai Engkau sang rembulan".

Pembacaan kitab al-barzanji dalam peringatan-peringatan Maulid Nabi yang digalakkan oleh Sultan Salahuddin al-Ayyubi berhasil membangkitkan kesadaran umat Islam melawan tentara salibis. Pada tahun 1187 M, Sultan Salahuddin al-Ayyubi berhasil menghimpun kembali kekuatan umat dan merebut al-Quds (Yerusalem) dan masjid al-Aqsa dari tangan para agresor.

Ulama pengarang kitab ini adalah Zainal Abidin Ja'far bin Hasan bin Abdul Karim bin Muhammad bin Sayyid Rasul bij Abdul Sayyid al-Barzanji al-Musawi al-Husaini al-Barzanji al-Madani. Barzanji dari kata Barzanjah, nama sebuah perkampungan di akrad, kurdistan, perkampungan para leluhur sang Imam. 



4 comments on "Maulid Barzanji"
  1. Salam kenal Mbak Inayah...
    Baru tahu kitab Al-Barzanji, ternyata kitab ini yang membangkitkan semangat kaum Muslimin untuk merebut Yerusalem. Nice Info...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal...
      Terima kasih sudah berkunjung.,..alhamdulillah kalau bermanfaat.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature