Pembatasan Jam Kerja Untuk Perempuan

December 03, 2014
Dua hari lalu lihat berita TV Pak Menteri aparatur negara bilang kalau jam kerja PNS perempuan akan dibatasi, maksudnya dipendekin biar nisa ngurus suami dan anak di rumah. Ide ini sih katanya sudah muncul dari jaman Wapres Pak Budiono. 

Kontra
Nggak perlu dibahas pro nya ya,,itu sudah pasti. Kodrat wanita emang ngurus rumah, dan akan lebih baik anak-anak diasuh sendiri oleh ibunya. Okay.

Saya wanita. Tapi saya nggak setuju dengan pembatasan ini. Coba deh misal ada dua orang pegawai, satu lelaki satu perempuan. Menempati posisi, grade, dan jobdesc yang sama. Apple to apple. Lalu karena ada regulasi ini, si wanita pulang lebih cepat dari si pegawai lelaki. Menurut saya, akan ada ketimpangan dalam achievment serta kesempatan berkembang. 
Bagi institusi sendiri adalah kerugian dong ya. "Mending saya rekrut cowo aja kalau gitu, ngga repot cuti hamil, cuti melahirkan, dan jam kerja yang lebih pendek." Nggak tahu ya kerjaan PNS itu seperti apa, mungkin memang nggak ada pressure dan nggak dikejar target gitu jadi ya selow..masih ada besok. Semoga saya salah.

Sistem
Sebelum sesuatu ditetapkan, sistemnya harus jelas dan benar dulu. Jam kerja dikurangi, terus lembur gitu? Hadehhh..bikin aturan juga "perempuan dilarang lembur". Lagi lagi ya,,kalau kerjaanya model PNS gitu mungkin bisa,,,nah kalau di swasta? Apalagi di industri...? 

Solusi
Sebagian besar perusahaan swasta sudah melakukan regulasi flexi day dan flexi hour. Jadi yang penting 8 jam kerja, terserah mau dari jam berapa aja,,,dan hari apa aja. Yang penting target tercapai aja. 

PNS itu kebanyakan ngelayanin masyarakat, coba deh dipikirik lagi. Kalau nanti sudah sukses di PNS dan mau dilakukan di swasta,,hemmmm

2 comments on "Pembatasan Jam Kerja Untuk Perempuan"
  1. halah halah PNS lagi banyak isu
    isu isu ini kadang gimana ya... ah nggak tau lah ya
    kadang-kadang sesuatuuuuuuu
    cuma belakangan ini PNS lagi banyak isu nggak enak
    tapi aku rasa guru masih selamat dari berbagai macam isu ini
    PNS sering pukul rata. beban kerjaan ndak sama gaji sama
    ya enakan yg nganggur
    sakno guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nin. Guru mah aktivitas terus dari pagi. Fasilitasnya g seberapa. Gpke AC malah kalau di kampung,,hemmm.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature