Bleketepe

June 10, 2015
Hari ini media ramai dengan komentar "apa sih bleketepe"? Dalam nikahan anak Presiden yang pakai adat Jawa Tengah, ada banyak prosesi. Salah satunya adalah pemasangan bleketepe. 
Ini lho yang dinamakan bleketepe, jalinan janur yang dipasang di pintu masuk rumah mempelai wanita. Maksudnya adalah sebagai tanda kalau di rumah ini sedang diadakan hajatan. Ya jaman dulu kan kalau hajatan nggak pakai ramai-ramai tenda, jadi ya pakai ginian. Selain bleketepe ada setandan pisang, kelapa dan padi juga di pintu masuk. 
Bleketepe ini adalah foto di nikahan sepasang sahabat saya 2 minggu lalu. Di hari akad nikah yang mana banyak orang di socmed ngira saya yang nikah. Ya..saya aminin saja.

Jadi kapan nyebar undangan? Sekarang. Undangan meeting. Hahahha. Nanti yah H-2 minggu saya nikahan saya bagiin kok undangannya. Sekarang belum nyetak undangan, soalnya nama mempelainya belum tahu. Lhoh. 

Menunggu adalah ujian iman
Jika kamu datang juga ujian iman
Saat kamu memintaku juga ujian iman
Saat aku mempertimbangkan juga ujian iman




6 comments on "Bleketepe"
  1. Oh ini ya gambarnya...
    di daerah kami, Aceh, jalinan daun kelapa gini di pakai buat nge-jemur apa aja, khususnya belimbing wuluh y dipakai buat bumbu dapur
    di sini di sebut Bleuet...

    coba lihat contoh gambarnya di http://photo.sh/photo-i670000666509606142_177346310.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. ^^ lain tempat lain adat ya Inayah...
      tapi seneng lho ngeliat ada acara nikahan yang kental sama adatnya, jadi nambah pengetahuan baru :)

      Delete
    2. Bener dan kita jadi ngerti maksud di setiap prosesi itu apa,,,

      Delete
  2. nikahanku kemarin nggak pake adat jawa sih jadi nggak mudeng begini beginian hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jarang sih Nin, aku yo mungkin nanti ndak. Hee hee bukan priyayi sih

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature