Udah Gede Masih Mimisan

June 16, 2015
Saya bukan anak ingusan lagi. Tapi masih sering mimisan. Terakhir kejadian, kemarin pagi pas lagi sholat subuh. Iyakk..segera ngibrit cari tissu khawatir netes ke mukena. 

Mimisan adalah hal biasa bagi saya. Sejak kecil, gampang banget mimisan. Nggak panik lagi jadinya. Dulu jaman SD mimisan bisa seminggu sekali, kadang malah nggak kerasa. Iya,,tahu-tahu bangun tidur bantal sudah bernoda darah. Hahhaha kalau yang nggak biasa pasti langsung lari ke UGD. Biasanya sih saya mimisan kalau kena udara panas banget atau dingin banget. Kena benturan pas lagi main juga sering, ya namanya juga anak anak. 

Di SMA kayaknya saya nggak pernah mimisan deh. Mulai mimisan lagi saat kuliah. Nah ini adalah fase mimisan di usia dewasa. Ribet. Mimisan sering terjadi pas lagi aktivitas. Pernah tuh lagi jalan dari kampus ke asrama, juga pas lagi mau nyebrang rel kereta. Kan repot,,maksudnya orang yang ngelihat pasti panik. Saya pribadi santai aja. 
Mimisan bahasa medisnya epistaksis. Biasa disebabkan perubahan suhu, tekanan atmosfer, atau kelelahan. Alhamdulillah sudah pernah check ke dokter THT nggak ada masalah sih. Ya pembuluh darah di hidung saya kebetulan tipis banget aja. Jadi kalau kena dingin kayak AC secara ekstreem itu bisa langsung pecah. Kejadian kemarin kayaknya sih karena saya kecapekan. Apalagi sabtunya kerjaan emang di lapang (panasss) oke next time bawa topi. Minggunya aktivitas luar ruang juga. Naik angkot-KRL-ojek,,lengkap banget. Suhu tubuh naik terutama kepala, lalu pembuluh darah pecah. Agaknya seperti itu, hehehe.

Kejadian mimisan paling kocak itu pas lagi fieldtrip sama teman-teman kuliah. Tepatnya di Semarang. Itu hari sebelumnya kami kunjungan ke waduk Jatiluhur Purwakarta yang panaaas terik. Malamnya selama perjalanan dari Jawa Barat ke Semarang pakai bis yang AC nya luarrr biasa dingin. Pagi-pagi kami mau foto bareng seangkatan dengan background masjid besar Jawa Tengah. Dan "blarrrr" lariiii hahahha.

Jenis darah mimisan saya segar, nggak kehitaman. Dan nggak sampai lemes pas habis mimisan. Tips kalau mimisan jangan panik, jangan nunduk soalnya nanti darah malah ngucur, pencet bagian atas hidung. Jaman kecil sih sumbat hidung pakai daun sirih (yakali udah di kota gini nyari daun sirih dulu kelamaan hahha,,,pakai tisu aja).
Bagi yang suka naik gunung juga waspada tuh, saya pernah ngalamin mimisan juga. Nggak karena dingin tapi karena tekanan atmosfer yang beda. Tandanya hidung pedes gitu pas buat nafas. Kalau nggak mau mimisan, coba nafasnya dihemat dikit-dikit aja. 


Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature