Pembalut Klorin & Dioksin

July 08, 2015
Selama 2 hari ini lagi heboh berita rilis 9 pembalut berbahaya dan 7 panty liner. Berbahaya karena menurut YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) mengandung klorin. Klorin ini digunakan dalam step pemutihan bubur kertas yang merupakan salah satu material pembuat pembalut dan panty liner. 
Kekhawatiran para pengguna pembalut adalah, bahan kimia yang ada pada pembalut akan masuk ke tubuh dan terakumulasi sehingga menimbulkan penyakit. 

Hari ini, kementrian kesehatan mengeluarkan pernyataan bahwa pembalut yang mengandung klorin tidak berbahaya. Klorin berbahaya jika terpapar ke makanan. Semua produk pembalut sudah diuji, sehingga aman digunakan. 

Pembalut tidak boleh menggunakan gas klorin dan dioksi. Dalam tahapan pembuatan bubur kertas sebagai penyerap dalam pembalut, memang dilakukan proses pemutihan...tapi tidak digunakan gas klorin (unicharm). 

Klorin yang menyebabkan kanker adalah yang berbentuk gas. Ppm (part per milion) yang ada di gas, berbeda dengan yang ada di pembalut. Di gel paling tinggi 39 ppm. Dioksin, akan menjadi gas klorin kalau suhunya mencapai 400 derajat celcius.

Karena produk-produk tersebut sudah terdaftar, maka aman. Klorin ini bisa membunuh kuman, ada baiknya juga lho. Kalau kita lebih dari 3 jam nggak ganti pembalut (dalam kondisi darah mens lagi banyak-banyaknya)...kuman akan banyak banget di sana. 

Sebagai orang yang bergelut di bagian research industri, saya sempat sangsi ketika melihat berita ini. Masa sih bisa kecolongan? Produsen-produsen besar lho mereka. Andai memang bahaya, harus recall berapa banyak produk di seluruh dunia? Dan untuk mengeluarkan formula baru, nggak bisa sehari dua hari. 
Apalagi kalau melihat ke perijinan. Sebuah ijin keluar harus melewati banyak step, termasuk audit menyeluruh. Entahlah mungkin ini hanya pengalihan isu...hahahaha. 


3 comments on "Pembalut Klorin & Dioksin"
  1. Td aku nonton berita ttg ini..katanya...bahan kimia yg trkandung di pembalut masih di posisi aman

    ReplyDelete
  2. mungkin pengalihan isu atau sengaja dimunculkan oleh competitor

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature