Tips Mudik Asik

July 08, 2015
Sudah packing buat mudik lebaran? InsyaAllah seperti tahun lalu saya mau pakai kereta. Ada yang pakai bis? Mobil? Pastinya..tiap moda angkutan punya tantangan tersendiri. Saya sudah pernah merasakan mudik lebaran naik mobil pribadi, bus, dan kereta..jadi coba mau  bagi tips biar mudik kamu nggak ngebetein. 

Tips mudik asik dengan mobil
Enaknya pakai mobil, kita bisa fleksibel nih nentuin jadwalnya. Udah gitu, bebas bawa barang apa aja..hahha. Tantangan pakai mobil adalah macet. Nah,,,mau nggak mau kita harus hadepin tuh, dengan asik. 

1. Gadget
Smartphone, tablet, laptop kalau perlu..itu harus banget ada dan berfungsi sepanjang waktu. Fungsinya nggak cuma buat ngilangin suntuk dengan chatingan, tapi juga buat mantau area sekitar kita. Hah? Misal nih, buat Gps..twitteran (follow akun-akun yang mengicaukan kondisi lalu lintas, atau search hashtag #mudik2015). Segala hal, termasuk kalau kita kekurangan duit selama jalan juga bisa dilayani dengan smartphone hahahah. Ada gadget, harus ada power dong. Di mobil bisa manfaatin charging port yang ada, atau bawa powerbank. 

2. Playlist musik
Nggak seru kalau dengerin radio aja. Bikin playlist, lagu nge beat..lagu slow..lagu rohani..murotal..dsb buat nyesuaikan sama mood dan keperluan.

3. Tisu basah
Diantara sekian banyak peralatan toiletries, tisu basah penting banget. Misal nih kamu lagi kejebak macet, trus kebelet pipis. Terpaksa harus pipis di mobil pakai botol misal wkwkwkkw (ini pengalaman temen) tisu basah bisa membuat kita nyaman. Atau buat ngelap badan yang lembab berjam-jam di mobil.

4. Bantal, Selimut
Bantal leher sama selimut tipis jangan ditaruh di koper, siapin aja di jok. Pasti kepake banget, hahaha..

5. Manfaatkan rest area
Jangan sok-sok an deh, kalau ada rest area...manfaatin. Selain buat membuang hasrat pipis dkk...kamu juga bisa tiduran, atau masuk ke stand-stand yang biasanya ngasih layanan hiburan gratis.

6. Driver cadangan
Biar nggak ada yang merasa didzolimi, mending tentuin dulu siapa driver dan siapa co driver.

Tips mudik asik dengan bus
Alhamdulillah selama merantau nggak pernah naik bus umum buat mudik lebaran, pakai mudik bareng terus..jadi nggak worrie sama keamanan.

1. Gadget
Naik bus umum nggak perlu bawa gadget banyak-banyak. Smartphone aja biar nggak bosen mah. Sama powerbank karena di bus umumnya nggak ada port charger. 

2. Bantal leher

3. Tisu basah

4. Obat mabok
Hahahhaa ini jaga-jaga aja, kita nggak tahu kan kondisi bus kayak apa sebelumnya. Bisa jadi nggak sesuai ekspektasi. Drivernya juga nggak kita tahu gaya nyetirnya gimana.

5. Tas kecil
Tas kecil buat nyimpan baranf berharga harus banget dipakai, dan pastikan menempel pada badan.

Tips mudik asik dengan kereta api

1. Pilih tempat duduk
Salah satu fasilitas dari kereta api adalah bisa pilih tempat duduk dari jauh hari. Pilih senyaman mungkin.

2. Gadget
Cukup smartphone dan charger, atau powerbank. 

3. Bantal
Meskipun kita bisa sewa bantal atau kalau di kelas eksekutif sudah tersedia, sebaiknya bawa sendiri...lebih nyaman.

4. Tas kecil
Tas kecil buat nyimpan baranf berharga harus banget dipakai, dan pastikan menempel pada badan.

5. Buku bacaan
Karena di kereta itu kondisinya stabil, nggak maju mundur ngerem..kalau mau baca nggak pusing. Lagian lampu nyala terus di gerbong. Ini time killer saya banget deh. 

Nggak bisa share tips mudik dengan motor atau pesawat, karena belum pernah. Hehehe..

Masih ada tips lain, silakan tambahkan di kolom komentar :-)





Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature