Momen Lewat Karena Smartphone?

August 14, 2015
Ngerasa nggak sih kalau hidup kamu sudah sangat tergantung dengan smartphone? Bahkan yang nentuin kebahagiaan sekarang bukan cuma uang,,tapi juga persentase baterai, wifi, sinyal, dan paket data. 10 tahun lalu saya nggak mikir sampai sejauh ini. Eh 10 tahun lalu itu berarti 2005, masih SMA dan pakai hape CDMA. Jauuuhhh lah. Apple aja masih taunya adalah berupa nama buah, bukan merek benda yang 24 jam nggak pernah jauh dari jangkauan saya.
         
Semalam, hati saya terketuk. Sadar. Ceritanya pas lagi nonton video dokumentasi sebuah acara. Di momen itu hampir seluruh scene yang menampilkan saya...selalu dalam keadaan megang iphone, entah lagi motret..atau lagi texting. Hadeeuuh. Itu acara penting, dan saya kesorot kamera sering banget,,,wkwkkwkw. 
Tapikan saya suka foto-foto? Mungkin saya harus pertimbangkan untuk beli kamera pocket. Toh sekarang sudah murah-murah, karena orang milih pake kamera hape yang makin mumpuni. 

Saya ngerasa, smartphone bikin pikiran jadi mudah terdistraksi, pecah. Pas lagi ada di sebuah acara niatnya motret tapi karena ada pesan whatsap dkk jadi sibuk texting sana sini. Belum lagi pas ngumpul keluarga, sibuklah cari sinyal..sibuklah ngecharge.

Suatu ketika saya makan sama seorang teman, dan dia benar-benar bersikap WOW. Kalau mau buka hape ijin dulu. 
Lantas,,,kapan saya bisa gitu? Bisa ngehargain orang yang ada di depan saya, yang lagi cerita dengan antusias?

Fenomena ini namanya Nomophobia atau kecanduan smartphone (termasuk gadget tablet juga sih). coba deh ikutin test di infografis nomophobia di bawah ini. FIX...I'M ADDICTED TO MY PHONE. skore saya, 32. kamu?
source


Ini tekad. Untuk hidup wajar. Menggunakan smartphone secara bijak. Nggak mudah refleks buka hape saat senggang. Nggak main hape saat ada yang ngajak ngobrol. Nggak khawatir ketinggalan update cerita teman-teman dari social media.



8 comments on "Momen Lewat Karena Smartphone?"
  1. Aaahhh... saya juga udah mulai ngrasa ketergantungan sama hape parah bgt nih mbak.. pengen sekali bisa mengurangi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ayoo,,,sesimpel dimulai dengan matiin hape pas lagi dicharge (kayak sekarang yang lagi saya lakuin).

      Delete
  2. Bener mbak... jangan sampai smartphone yg kita punya membuat kita menjadi stupid hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak stupid sih,,tapi jadi sakit jiwa hhhaah...gangguan kecemasan

      Delete
  3. iya ya rullll waduh aku banget ini... salah satu cara mengurangi adalah bawa buku sebagai ganti kalau bengong bingung mau ngapain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu..sekarang kalau kemana2 harus bawa buku

      Delete
  4. Mungkin aku termasuk yg aneh ya krn sampai skrg belum butuh hape?

    ReplyDelete
    Replies
    1. walahhh mbak Ely paptut dilestarikan ini heheh. mungkin karena di luar kali ya mbak..nggak seheboh di Indonesia. di sini mah apaaa aja dibahas di socmed dll

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature