[Review Buku] Suti by Sapardi Djoko Damono

November 23, 2015
Novel terbaru dari Sapardi Djoko Damono ini berjudul Suti. Bacaan ringan di minggu siang, habis dalam sekali duduk saja. Mengapa seolah Sapardi memaksakan diri membuat novel? Rasanya, Suti ini seperti cerpen yang panjang (saja).
novel suti, sapardi, review, buku

Identitas Buku
Judul: Suti
Penulis: Sapardi Djoko Damono
Penerbit: Kompas
Tahun terbit: 2015
Jumlah halaman: 200

Resensi
Suti adalah seorang perempuan yang dengan enteng tetapi tegar menyaksikan dan menghayati proses perubahan masyarakat pramodern ke modern yang dijalaninya ketika bergerak dari sebuah kampung pinggir kota ke tengah-tengah kota besar. Ia bergaul dengan gerombolan pemuda berandalan maupun keluarga priayi tanpa merasa kikuk, dan melaksanakan apa pun yang bisa mendewasakan dan mencerdaskan dirinya. Suti terlibat dalam masalah yang sangat rumit dalam keluarga Den Sastro, yang sulit dibayangkan ujung maupun pangkalnya.

Review
Mengambil setting Solo pada masa setelah kemerdekaan. Sapardi hendak mengangkat cerita ala wong ndeso. Konflik yang cukup biasa sebenarnya. Ada priyayi yang punya pembantu, pembantunya disukai, ya..seputar itu saja dengan bumbu kepercayaan orang-orang akan mistisisme.
Saya membeli buku yang masih hangat karena baru turun cetak ini karena nama besar Sapardi. Itu saja. Meski sampulnya kurang meyakinkan (yaelah..kan katanya dont judge book from the cover).
Mungkin karena cetakan pertama, banyak typo. Kok bisa? Ini penerbitnya besar lho. Beberapa kalimat juga agak kurang nyambung gitu. Ah sudahlah ya..yang penting rampung, hehhehe.


Untuk dimasukan kategori novel, rasanya terlalu pendek. Atau memang ceritanya yang dikemas kurang kuat. Diambil dari sudut pandang penulis, konfliknya nggak dapet, mengawang-awang.
Dari Suti saya mendapat gambaran tentang masa itu. Masa dimana perempuan masih sangat rendah kedudukannya di Indonesia. Kawin-cerai atau istri malah di’calo’kan ke pria lain yang kaya. Sapardi juga menceritakan tentang kaum priyayi jawa masa itu, yang karena kepriyayi-anya dengan mudah menggaet wanita. Priyayi jawa seperti Pak Sastro yang berkharisma tentunya. Istri dimana-mana meski istri di rumah setia.

Rate
2 dari 5

Quote
Dunianya belum cukup untuk menjelaskan itu semua dengan kata-kata. Kalau diumpamakan angin, semilirnya tidak jelas ke mana arahnya; kalau diumpamakan air mata, tetesnya tidak jelas dari mana sumbernya (hlm.62)



20 comments on "[Review Buku] Suti by Sapardi Djoko Damono"
  1. wah banyak typo?? hmm gimana gitu yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. entahlah..masa nggak diedit kan ngga mungkin juga. hehe...

      Delete
  2. ealah mungkin penerbitnya mager heheheh
    kakek sapardi such a legend dan mungkin lebih oke kalo nulis puisi aja kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulll..buat puisi mah udah percaya !!

      Delete
  3. hmm.. kalo di rating dari 1 sampe 5, brapa tuh rating bukunya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe itu di posting udah ada mas..

      Delete
  4. karena pencipta Suti ini kang Sapardi, tentu ceritanya mengalir seperti kita sendirilah yang jadi Suti

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. aku jadi penasaran sama perpustakaan mininya kak nurul d kosn deh. hahaha. coba kak fotoin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kosan sini nggak ada perpus Bhek..adanya tumpukan buku dan majalah yang kujadiin alas tv. Hahah perpusnya di rumah Pekalongan. Biasanya kalau pulang aku bawa buku-buku yang udah dibaca

      Delete
  7. Kasus hampir serupa terjadi pd Ahmad Tohari, tp sudah lama bgt, aku lupa judulnya, yg jelas ttg kisah cinta gadis desa dg insinyur sipil. Datar sepanjang buku smp tak percaya beliau pernah menulis sedahsyat trilogi ronggeng dukuh paruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin penerbit sengaja bersembunyi di balik nama mereka ya mbak..

      Delete
  8. Replies
    1. ah masa kyut Nit..kan nggak pink #ehh

      Delete
  9. Banyak juga lho sisi kehidupan seseorang secara kebetulan apa tidak hampir mirip2 certa novel iya kan mbak....like untuk [REVIEW BUKU] SUTI BY SAPARDI DJOKO DAMONO

    ReplyDelete
  10. Cerita novel , baik itu kisah sisi kehidupan, asmara, kartun itu sebenarnya penulis terinspirasi dan mengadopsi pada kehidupan nyata, dgn sedikit kreasi dari sang penulis lalu di tuangkanya ke dalam bentuk buku novel yg seri kita baca ini...iya kan mbak

    ReplyDelete
  11. Banyak juga lho sisi kehidupan seseorang secara kebetulan apa tidak hampir mirip2 certa novel iya kan mbak....like untuk [REVIEW BUKU] SUTI BY SAPARDI DJOKO DAMONO

    ReplyDelete
  12. Banyak juga lho sisi kehidupan seseorang secara kebetulan apa tidak hampir mirip2 certa novel iya kan mbak....like untuk [REVIEW BUKU] SUTI BY SAPARDI DJOKO DAMONO

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature