Belajar Optimalisasi Sosial Media dan SEO Blogging

December 06, 2015
Otak kanan dan kiri saya barusan dipanasin nih, mumpung masih anget langsung dishare aja keburu lupa. Tadi siang, bertempat di Studio Kopi Tebet saya dan beberapa orang blogger mendapat sharing ilmu soal sosial media dan Seo blogging dari masternya yang diprakarsai oleh @ayoNgeblogId. Sosial media dan blog saat ini sudah sodaraan, sodara yang menguatkan satu sama lain. Ini event blogger pertama yang saya ikuti, ternyata ngumpul dengan orang-orang se’minat’ itu asik banget.
sosial media, SEO, optimalisasi, how to optimalize socmed, SEO blogging

Optimalisasi Sosial Media
Sesi pertama diisi oleh mba PutrikPM yang sudah malang melintang di dunia persocmedan. Secara doi anak ahenxi (basa kekiniannya agency). Ngapain sih sosial dioptimasi? Maksudnya buat jualan gitu ya? Mmmm bisa jadi..bisa jadii. Dunia internet saat ini sudah jadi sumber pencarian berita utama. Tivi mah kalah cepet. Nggak cuma tentang berita, iklanpun..lebih murah dan mudah lewat sosial media. Pernah sih diceritain bos di kantor, kalau biaya ngiklan di tivi itu ‘segini’ (segininya udah nggak masuk akal deh..apalagi kalau iklan itu tayang di jam primetime). Uh...coba bayangin sekarang, iklan bisa nongol dimana aja. Yang beneran ‘nampak’ sebagai iklan maupun cuitan orang yang sebenarnya lagi ngiklan. Mereka itu dibayar lho...meski bukan artess eftivi.

Manfaat optimalisasi sosial bagi personal tentunya kita jadi bisa branding diri. Mau dikenal sebagai siapakah kita? Si tukang nyinyir? Si motivator? Si mama muda cerdas? Hahahha..atau si mantu idaman. Networking itu pasti ya, karena tujuan dari sosial media sebenarnya kan memperluas jaringan kita. Bagi blogger, sosial media berperan banget buat nambahin page view blog lho. Nah...yang seger nih, si pemilik sosial media bisa jadi buzzer. Apatuh? Buzzer itu rekanan dari pemilik brand. Jadi, kita ngiklanin produk mereka dengan imbalan tertentu. Menarik kan?

Brand perlu sosial media nggak sih? Harus dong..dan kudu dioptimalisasi. Bagi brand, sosmed itu penting buat SEO rank, nurunin biaya marketing, naikin jumlah visitor ke web brand tersebut, bukti kesetiaan kepada pelanggan, dan pengakuan atas brand. Jaman sosmed mah ada komplain apa tinggal cari twitternya si brand..silakan mau ngadu kayak gimana. Kalau sosmed brand ini nggak dioptimalisasi? “duh..males ah beli produk A, udah ngga bagus-bagus amat..pas komplain nggak ada respon”. Sering lho, saya nemu sosmed nya brand yang hambar banget. Sayang kan?

Dari tadi ngomongin optimalisasi sosial media. Caranya gimana? For your information ya kawan cerita, kamu harus punya sosmed yang ini nih : FB, Twitter, Instagram, Google +, dan Linkedin. Masing-masing sudah tahu kan? FB, twitter, instagram, dan Goggle + sudah umum, tapi linkedin jarang. Linkedin ini lebih profesional, lebih seperti CV online. Pencari kerja biasanya nyari orang dari linkedin ini.
sosial media, SEO, optimalisasi, how to optimalize socmed, SEO blogging

Facebook dan kawan-kawannya itu sebaiknya diapain sih biar optimal? Perhatikan waktu postingan. Saya pernah nyoba tuh, kalau posting instagram siang-siang yang like banyak. Giliran saya posting malam, yang like dikit padahal fotonya lebih bagus. Dari sini saya jadi tahu, kawan-kawan saya itu yang kebanyakan pekerja pada aktif buka sosial media di jam-jam ngantuk kantor. Hahahah...pengalaman sih jam 2-4 siang gitu. Gunakan bahasa yang mudah dipahami sama followers kita. Kalau bingung mau ‘nyetatus’ apa, coba lempar pertanyaan deh. Maksudnya biar ada interaksi gitu dengan followers. Kalau ini sudah beberapa kali ngebuktiin, bahkan temen yang nggak akrab pun ikutan komentar lho. Interaksi dengan followers itu penting, kecuali kita emang udah seleb banget hahaha. Lihat deh akun twitternya para pemimpin daerah yang hits itu, mereka bisa ngehits karena ada interaksi. Khusus untuk twitter, sekali-kali mention akun selebtweet..siapa tahu diretweet deh. Ya..lumayan nambah followers hehhe. Penggunaan hashtag jangan lupa ya, sama halnya dengan instagram ini krusial banget karena fungsi hashtag nggak cuma buat bagus-bagusan heheh tapi buat pencarian.

SEO Blogging
SEO atau search engine optimation adalah materi kedua siang tadi. Pematerinya mbak Shintaries yang emang kredibel banget dalam blogesphere. ‘saya nggak butuh komentar dari blogger di blog saya, yang saya inginkan..tulisan saya bermanfaat buat pembaca yang memang sedang mencari informasi tentang hal itu’ quotes penuh makna dari founder startUp Blogger Perempuan Network ini. Woooow...SEO itu bukannya kita bakal belajar naruh keyword ternyata. SEO adalah gimana bikin tulisan yang berbobot, bisa dibaca manusia, dan bermanfaat.
sosial media, SEO, optimalisasi, how to optimalize socmed, SEO blogging

The king of blog post is content. Alamakk malu aku kalau ingat jaman-jaman kemarin nulis mah asal ajah. Selain isi, search engine suka lho tulisan yang minimal isinya 1285 kata. Hihihii...buanyak yahh. Kata lho, bukan karakter..ya kaaalii. Terus pembaca bakal bosen engga lihat tulisan panjang kayak novel? Pengalamanku mbaca blognya mbak shinta sih engga. Kok bisa? Nah...akalin tuh pakai subheading, biar pembaca mencari topik yang mereka inginkan atau kasih ilustrasi menarik. Gimana caranya bikin ilustrasi? Sudah banyak kok web yang nyediaiin foto gratisan tanpa perlu ngasih credit title. Kasih video pendek juga bisa tuh bikin pembaca betah. Ternyata konsep bikin laporan ilmiah juga kepake lho buat ngeblog, hahhaha. Judul sama isi harus nyambung, dan...pakai analisa mendalam. Ini penting search engine mulai mengabaikan soal keyword. Hindari deh, naruh keyword di lebih dari tiga kalimat. Daripada nebar keyword mendingan optimasi di meta description posting maupun blog.

And the queen of blog post is user experience. Kita bisa membuat pembaca betah di blog kita dengan ngasih internal link, tapi sebisa mungkin yang relevan ya. Bikin konten berseri juga bagus lho. Ini pernah saya lakuin,,hihih. Jangan lupa..blog kudu enteng dan mobile friendly.

Ngeblok tanpa teknik  kurang mantap. Tekniknya gimana? lebih ke user experience sih..gimana biar pembaca betah di blog. Theme nya yang SEO, ringan, cepat. Aduh..foto nih bikin berat? Coba taruh fotonya di photobucket.

Nah..yang anget adalah backlinks. Jangan-jangan yang ngasih backlinks ke kita malah web bodong spammer? Coba deh cek ke webmaster, kalau ada..minta google segera remove. Sebab itu nurunin domain authority blog kita. Yang paling gampang sebenernya adalah ngasih komentar di blog yang nyuruh kita naruh url.

Setelah mengoptimalisasi postingan blog, jangan lupa share ke sosial media yang yang sudah dioptimalisasi.

So...acara tadi padat ilmu banget. Nggak ngantuk sama sekali. Selain karena kontennya memang aduhai, sambel ayam studio kopi juga puedess cetarrr ala sambel warung Madura.

Ternyata ngeblog itu asik, kalau sudah tahu caranya.  


80 comments on "Belajar Optimalisasi Sosial Media dan SEO Blogging"
  1. Ternyata ngeblog itu bikin boros karena isi dompet terkuras untuk beli pulsa :)
    Kalau aku seminim mungkin share artikel di sosial media karena takut menjadi sampah diberanda teman. Aku lebih suka share ke google plus atau pinteres.
    Konten adalah raja, jadi malu aku dibuatnya. Artikelku masih belum jelas, gaya bahasanya masih susah untuk dicerna. Bahasanya terbolak-balik mirip jenggotku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ' saya ngak butuh komentar dari blogger di blog saya, yang saya inginkan..tulisan saya bermanfaat buat pembaca yang memang sedang mencari informasi tentang hal itu ’ ya kalau prinsipnya seperti ini tampak arogan. Aku tetap membutuhkan komentar para pengunjung. Karena akan menjadi bukti bahwa blogku ada yang berminat walau itu cuma satu komentar. Selama belum ada yang memberikan komentar, aku tidak membuat artikel baru.

      Delete
    2. minat bisa trelihat dari page views..karena pengalamanku sendiri nih, kalau nyari info apa gitu dari google..ya cuma ngebaca. jarang banget komentar. nah..kalau blogwalking,,,baru komentar..

      Delete
    3. Mas @Djangkaru bumi, kita di sini bicarakan konten original yang memang digunakan untuk memberikan informasi. Yang dimaksudkan adalah, konten saya harus ditemukan oleh orang yang membutuhkan. Jadi pada saat blogger yang datang blogwalking memberikan komentar, artikel saya akan menjadi sia-sia karena mereka hanya capek membaca tulisan panjang dan ngga berguna. Itu maksudnya.

      Delete
    4. sambil mangut-mangut seruput kopi.

      Delete
  2. Alhamdulillah, walaupun nggak ikutan acaranya, bisa dapat ilmunya. Makasih sharingnya Mba Innayah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mbak...btw saya bukan double 'n' tapi triple 'n' hehehhe

      Delete
  3. wah fresh from the oven, nih! Terima kasih sudah berbagi, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahh..rahasia dapur bunda nih..(lhoo)

      Delete
  4. ikutan belajar ah,, biar lebih jago :D

    ReplyDelete
  5. Nemu kata SEO sama backlinks serasa jaman dulu waktu ngeblognya pake serius, sekarangmah ngeblognya semau udel aja hehe *malah curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEO yang ini bukan yang kayak dulu-dulu mas,,heheh. nulis buat manusia..dan senatural mungkin

      Delete
  6. Wahh makasi udah sharing. Kemarin pengen ikut, tapi ada acara.

    Diikutin ah tips2nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Lia...sayang banget ya tadi kita nggak kopdar. next month ada lagi kok, dengan tema yang berbeda.

      Delete
  7. Super sekali kata pak mario tegus ...sama halnya dgn artikelnya mbak....memang untuk soal optimation perlu beberapa jurus , termasuk share artikel ke sosmed ....tankyu mbak...sukses selalu

    ReplyDelete
  8. Bener nih, sosial media itu kecepatan informasinya ngalahin media lain. Citizen journalism... sekarang masyarakat biasa aja udah bisa ngabarin berita paling terbaru, langsung dari genggaman alias smartphone.

    LinkedIn emang lebih buat profesional ya. Saya dulu buat pas masih masa nyari kerja, sampe sekarang masih ada sih, tapi malah jarang update hehe. "SEO adalah gimana bikin tulisan yang berbobot, bisa dibaca manusia, dan bermanfaat" --> ngebuat tulisan macem begini yang sulit hehe. Masih harus banyak belajar nih.

    "Ngasih komentar di blog yang nyuruh kita naruh url" ini maksudnya kayak comment di blog yang pake platform wordpress ya, yang kalo comment biasanya suruh naro url...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah..kayah yang di wordpres mas

      Delete
  9. Wah... harus dipraktekin nih tips-tipsnya. Tfs, mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups mbak..terutama yang socmed..langsung aktivin socmed-socmed mati suri heheh

      Delete
  10. Terimakasih tulisan masih anget nya hhe, aku suka banget baca info"tentang blogging gini jadi banyak masukan untuk semakin perbaiki kualitas tulisan :)

    Xoxo,
    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu diperlukan ya mbak..saling berbagi info

      Delete
  11. mantab tenan mbak ..
    belajar lagi ahh

    ReplyDelete
  12. lengkap bgt pembahasannya mbak, newbie ijin belajar ya :-)

    ReplyDelete
  13. Aduuh beruntungnya dirimu bisa ikut acara keren itu. Makasih sharingnya yaa, ikut belajaar

    ReplyDelete
    Replies
    1. next event mbak...ada lagi kok,,

      Delete
  14. Terima kasih sharenya, Mbak. Panjang juga ya kalau satu postingan 1285 kata. Tapi bener... Kalau tulisannya asyik ga ngebosanin yang baca :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dikasih trik biar ngga kabur yang baca

      Delete
  15. Kalau saya cermati beberapa blog populer. Mayoritas datangnya traffic itu dari keyword mbak. Jadi orang berkunjung ke blog itu didominasi oleh hasil pencarian keyword di search engine. Umumnya, blog-blog yang trafficnya tinggi punya artikel-artikel dengan keyword yang menarik, seperti contohnya artikel review atau artikel how-to.

    Terus terang kalau mengikuti "selera pasar", aku yakin traffic blog bakal tinggi. Tapi terkadang kita ngeblog kan sifatnya lebih pada personal interest yang mana itu kadang ya berseberangan dengan selera pasar. Alhasil, kita sendiri yang harus memilih, apakah kita ngeblog untuk diri sendiri, orang lain, atau malah untuk mesin pencari. :D

    CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah di Search Metric 2015, keyword sudah tidak begitu diperhatikan lagi ama Google mas, jadi hal-hal yang related dengan keyword yang dicari yang diperhatikan. Misalnya nulis keyword musim dingin, ada ngga relatednya seperti jaket, syal, suhu dan lain lain.

      Selera pasar, yes banget. Saya pribadi ngga pernah menyarankan untuk melihat trend untuk menulis, karena kelebihan blogger adalah menulis tentang personal interest yg mas bilang itu. lagi pula, saat nulis trends kita akan bersaing dengan media mainstream yang tentunya akan kalah.

      Delete
    2. Hmmm, mungkin tolak ukur "keyword" bakal berganti jadi "topik" ya mbak. Soalnya tetap mesti ada sesuatu yang menarik dari konten artikel sehingga dicari banyak orang lewat search engine. Yang jelas, masing-masing search engine punya algoritmanya masing-masing dalam menentukan hasil pencarian mereka. Kita sebagai pengguna hanya bisa menerka-nerka, hahaha :D

      Delete
    3. Iya kurang lebih kaya gitu. Dan SE kiblatnya masih di Google kan walaupun udah banyak SE yang lain. Kalo dari riset search metrix tahun ini begitu, keyword sudah tidak menjadi hal yang utama.

      Delete
  16. Asik! Nimbrungin komen ada balesan langsung dari suhunya! Pencerahan!

    ReplyDelete
  17. Terima kasih bgt Mba. Meski ga hadir bisa nyimak dikit-dikit. Kata yg dibutuhkan ternyata banyak juga ya.. duh duh biasanya skitar 809-an aja. soal kata kunci ini yg masih belum khatam nih. Memilahnya gimana. Duh mesti ikut kelas...

    Makasih artikelnya mba. Ini contoh artikel yg dibaca karna dibutuhkan dan ga membosankan... :-)

    ReplyDelete
  18. jadi udah kenal sama sapa aja rul? belom pernah ketemuan lo kita hahahha secara udah tinggal bentar di jkt nih guee

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dilihat di path Anyiin..heheh. yuk ah,,kapan kita meet up? aku siaap !!

      Delete
  19. Belajar banyak..juga sama yang memberika komentar..

    ReplyDelete
  20. Makasih pencerahannya.
    Aku baru mau optimasi, baru mau rajin apdet. Aku masukin blogroll aku ya mbak

    ReplyDelete
  21. SEO memang hal yang harus dipelajari bagi para calon-calon blogger masa depan kalau tidak ingin blognya sepi kaya kuburan :D. Saya aja sampai sekarang masih belajar :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
  22. analisa mendalam...kelemahan saya nih :(

    ReplyDelete
  23. harus di stabillo semua ini mba,sayang ngga bisa hadir acara ini,semoga next ada lagi..tfs mba..salam

    ReplyDelete
  24. Google memang lebih menghargai orang-orang yang bermanfaat ya mba :D
    sbagai seorang blogger saya juga yakin kalau tulisan berbobot tuh memang takan terkalahkan dengan tukangctr+c :)
    eh ya baru prtama nih singgah ke blog nya mba in3xayah slam kenal ajj deh :)

    ReplyDelete
  25. aku jadi pnasaran ama mb putri, apa dia yang dulu pernah kuwawancara waktu masih di coca cola amatil trus sekarang di google??
    seo...huhuu pengen deh isi postinganku langsung nangkring di gugle yang sering disearch in...tapiiii aku blom pasang iklan..percuma ga sih diklik banyak orang tapi ga ngasilin dollar huhu galaooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek linkedin nya deh, heheh.
      monetize blog nggak cuma dari adsense kok Nit. lagian kalau di Pejwan itu kemungkinan page viewnya gede..itu aja sih,,nggak korelasi langsung sama iklan. ayook semangat ngeblog

      Delete
  26. kalau saya sendiri, mungkin agak berseberangan dengan yang lain dalam hal ini untuk bahasan komentar.
    diatas disebutkan ‘saya nggak butuh komentar dari blogger di blog saya, yang saya inginkan..tulisan saya bermanfaat buat pembaca yang memang sedang mencari informasi tentang hal itu’

    kalau masalah nggak butuh komentar, mungkin itu kembali kepada masing-masing pribadi. tapi, secara garis besarnya, dengan adanya interaksi juga bisa menambah brand tanpa disadari. itu hanya contoh kecil.
    karena dengan interaksi, juga memudahkan seseorang untuk mencari referensi dengan mudah.
    maaf kalau ada yang salah dalam pemahaman saya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin yang dimaksud ga butuh komentar itu bukan ga butuh dikomentari, tapi jumlah komentar bukan tolok ukur klo tulisannya itu bagus atau ga, tapi tolok ukkurnya berapa banyak yang nyari tulisan itu...menurut saya memang patokan bagus ga nya tulisan atau dicari atau ga nya tulisan juga bukan berapa bnyk komentar..karena banyak yang silent reader, seperti saya kadang suka silent reader :D...

      Delete
    2. Nahhh...ini lho yang dimaksud mba Shinta. Wah ternyata soal 'komentar' ini juga bisa jadi topik tersendiri. Catet ah..(bikin rangkuman bahan posting) hehehe

      Delete
  27. aku konsen ke baca komennya malah ini hahha...seruuuuu...
    asiiik blognya mba nurul tambah keren euy...
    hihihi...
    kapan2 ajarinlah ya akunya...jarang ikut kek ginian nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan komennya..jadi lebih panjang dari postingan. hihiii...makasih lah yah..semua saling belajar

      Delete
  28. wuihhh postingannya tentang SEO.. hehe... kerenn....saya selalu kalah kalau urusan seo di google hhee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma share info kekinian tentang SEO dari ahlinya kok mas Dann..

      Delete
    2. menurutku photo yang diletakkan di photobucket bukan untuk meringankan load blog...tp meringankan kapasitas hosting (khusus blog yang pake hosting mis wp self host), jadi ga penuh atau cepat habis kapsitasnya hanya gara2 nampung photo, karena photonya udah di bebankan di photobucket... menurutku, photo apapun yang diletakkan dimanasaja, klo diload ya lebih berat ketimbang ngeload blog/website yang isinya cuma text, apalagi photonya ukuran gede2...yang bisa agak meringankan photo itu, photonya di compress, klo di photoshop, biasanya ku save nya itu save as web, kapasitasnya lebih kecil ketimbang save as biasa...itu setahuku sih, tapi klo salah maaf yak heheh

      Delete
    3. Bener kok mas..kemarin juga dijelasin gitu,, mengompres foto. Makasih sudah ditambahin..

      Delete
  29. walaupun kemaren sempat sedih nggak bisa ikut acaranya, jadi senang karena dapat ilmu dari sini. Makasih mbak.. oh ya, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa..salam kenal...juga mbak..makasih sudah berkunnjung

      Delete
  30. Wah baru tahu kalo minimal ramah SEO kudu 1200-an keatas...
    Ini pasti imbas dari algoritma Google Phantom.
    Terima kasih sharingnya, salam kenal.

    ReplyDelete
  31. Aku blm pintar seo. Jadi yang penting update dan bw aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. update dan bw itu bagian dari SEO juga lho mba..

      Delete
  32. Aku tak paham SEO, otak ku lelah. Makan ayam geprek aja yuk #gagalFokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuuk...bentar, ngulek sambelnya dulu

      Delete
  33. Terima kasih sharingnya mba, bermanfaat banget...

    Salam kenal ya

    ReplyDelete
  34. Aku mau follow GFC nya dari sore tadi gak bisa bisa makk.. Nomor #32 Katanya gini : Kami minta maaf...

    Kami tidak dapat menangani permintaan Anda. Coba lagi dan kembali nanti.

    Biar kita bisa saling follow2an gitu makk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukin ke bloglist aja mbak..nanti otomatis masuk di GFC ku biasanya..

      Delete
  35. Makasih Mba Innayah sudah mau mampir ke AyoNgeblogID, insyaAllah Januari akan ada pelatihan tentang template, silahkan hadir kembali ya Mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiiiaaap. Insya Allah...so far belum ada schedule kondangan kalau tanggal 10...hahah

      Delete
  36. wohohoooo lengkaaap lengkaaap... Tengkyu sharingnya ya

    ReplyDelete
  37. Wah seru ya diskusi mengenai SEO blog, pengen belajar lbh banyak ... Maklum biasanya nulis aja, ga mikir2 hehe.

    Pernah diomongin kl naruh foto di photobucket kayak flickr, nanti kl ada org search (image) ngarahnya malah ke flickr, padahal tujuan kita utk diarahin ke blog ya ... Jd saya utk saat ini lbh milih dikompres dgn 'save for web' spt yg dibilang @Danni Morning tadi

    :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sayapun masih pakaiyang save for web...

      Delete
  38. harus mata melek kalau membaca ini, tapi udah dapat sich poinnya. Medsosku kurang teroptimasi, belajar dech

    ReplyDelete
  39. Jika untuk optimasi agar dapat menaikkan DA serta PA blog gimana caranya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. posting yang bergizi dan sering silaturahmi ke blog orang :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature