Mengapa Pilkada Rabu?

December 05, 2015
Pilkada serentak tinggal beberapa hari lagi. Saya warga Pekalongan, seharusnya sih menggunakan hak pilihnya. Kok seharusnya? Ya..pilkada serentak dilakukan pada 9 Desember yang bertepatan dengan hari rabu. Tengah pekan istilahnya. Terlalu nanggung kalau mau cuti. Heran juga sih, kenapa pilkada harus rabu, meski 9 desember jadi hari libur nasional...percuma.

Pilkada Serentak
Ngingetin aja nih buat Kawan Cerita, kalau 9 Desember nyoblos bagi yang daerahnya ngadain pilkada. Mulai 2015 ini pilkada dilakukan serentak dengan alasan efisiensi. Bahkan hari pencoblosan sampai dijadikan libur nasional. Harapannya pasti agar pemilih lebih banyak dong. Mungkin mereka lupa kalau nggak semua pemilih itu berdomisili di daerahnya masing-masing. Masih mending sih kalau pas pilpres, kita bisa pakai formulir A5 sebagai pendatang biar bisa nyoblos dimanapun. Kalau pilkada? Emmmm...saya tinggal di Bekasi, dan tahun ini Bekasi nggak ikutan pilkada serentak. Hangus lah sudah hak pilih. Satu hari untuk pulang, nggak memungkinkan deh. Berat di ongkos dan fisik sebenernya.

Ada apa dengan rabu dan tanggal 9?
Coba deh cek kalender 2014. Pemilu legislatif dilaksanakan tanggal 9 April..hari Rabu. Pemilihan presiden juga tanggal 9, tepatnya 9 juli dan hari rabu. Pilkada serentak, 9 Desember pun hari rabu. Mundur ke jaman Pak SBY. Kita pilres tuh 8 Juli 2009, tadaaa...itu rabu juga. Sudah bisa diambil kesimpulan, bukan sebuah kebetulan.

Selain menyangkut pemilu, di kampus saya juga entah kenapa wisuda yang dilakukan beberapa kali setahun itu selalu di hari rabu. Emang sih tanggalnya nggak harus tanggal 9, tapi selalu rabu. Sama dengan Pilkada. Karena rabu itu di tengah pekan, agak merepotkan juga. Seperti kasus teman saya, yang ambil cuti 2 hari lalu dimarahin bosnya. Wisuda 1 hari mana cukup, pasti ada sesi gladi resiklah..ngumpul sama keluarga lah. Masalah juga bagi alumni yang sudah kerja. Nggak ada satupun teman yang saya datengin wisudanya setelah saya wisuda. Jahat kan?

Ini sih masih opini saya pribadi, mungkin dalam penetapan acara-acara besar di negeri ini masih ada hawa-hawa tradisi jawa. Diantara satu minggu, rabu yang paling baik.

Gunakan Hak Pilih
Bagi Kawan Cerita yang nggak kerepotan di hari pilkada serentak, gunakan hak pilihnya. Jangan lupa selfie setelah nyelupin jari di tinta, biasanya banyak diskonan di merchant tertentu dengan nunjukin kelingking bertinta hahhaa.



18 comments on "Mengapa Pilkada Rabu?"
  1. Inayah, gue entah sudah berapakali follow blog lo dan error mulu. Hem... -_-

    Memang sudah seharusnya pilkada itu diadakan serentak. Biar semuanya pada sibuk ngitung suara dan gak sibuk membuat suara sendiri. Hehehe

    Gue sendiri di Pekanbaru sedang tidak ada pemilihan Rabu nanti. Hanya beberapa Kabupaten tetangga yang harus memilih. Gue mah, milih kamu aja. "Eh, keceplosan."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngga bisa follow, masukin aja url blog ku ke reading list.
      Hahhaha

      Delete
  2. Iya e, kenapa pemilu hari rabu?
    Kalau sabtu/minggu mungkin yg mau milih lebih milih liburan sama yg tersayang kali ya. Jadi pemerintah milih tengah pekan biar semuanya milih. Tapi buat kita yg merantau jd ga bisa milih. Apa kitanya yg salah ya? Kita tinggal lama ditempat orang tapi ktpnya masih ktp daerah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih ya..hhaha haruse pindah domisili, secinta apapun sama daerah asal

      Delete
  3. ada apa dengan hari rabu??
    tanggal 9 ini kantorku juga libur mbak, tapi di daerah kami gak ada pilkada jadi rabu nanti bisa puas menikmati libur :)

    ReplyDelete
  4. ga tau ....deh..masih ragu.... ikut menggunakan hak pilih gak ya.... ? he2

    salam dari Riau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan donksss..biar bisa selfie pake klingking biru

      Delete
  5. Bener juga ya, baru ngeh abis baca postingan ini, kalo pemerintah mengagungkan hari Rabu dan tanggal 9 hehe.

    Mungkin karena hari Rabu itu pertengahan yang pas, udah nyelesaiin kerjaan awal minggu (dua hari di Senin dan Selasa), dan jatohnya akan tanggung untuk ngambil cuti di sisa hari berikutnya (Kamis + Jumat), makanya diambil tengah-tengah biar pada fokus lagi kerja di Kamis-Jumat hehe. Kalau tanggal 9... bisa jadi ada faktor "hitung-hitungan keberuntungan", entahlah...

    Iya tuh, biasanya ada merchant tertentu yang ngasih diskonan kalo nunjukkin kelingking bertinta. Cara sukses untuk narik customer & ngajak masyarakat untuk berpartisipasi di saat pemilu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. khususnya kenapa tanggal 9...pilleg sama pilpres kamis sih, tapi tanggalnya tetep 9

      Delete
  6. kupikir sengaja tengah minggu supaya pada gak bisa ambil cuti panjang. jadi pada pakai hak coblosnya. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga sih ya Li...ntar orang kayak aku malah ambil cuti panjang...hahaha

      Delete
  7. kemunkginan akan banyak lagi yang berphoto jari nya kena tinta :D

    klo hari kamis pilkadanya, jum'atnya bisa ambil cuti yak ? :D klo rabu kayaknya ambil cuti 2 hari berat gitu ? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyakk mungkin itu ya pertimbangannya...ah sudahlah..g nyoblos

      Delete
  8. Kalau saya drpada weekend mendingan rabu. Biar ada tambahan libur. Tp klo boleh milih, jumat atau senin deh biar nyambung ke weekend gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiii...iyalah mba..jumat tuh,,kamis malam pulang..jumat nyoblos..sabtu jalan-jalan..minggu pulang ke tempat kerja

      Delete
  9. sampe lupa tanggalan gegara dah resign wkkk...huhuuu
    aku kurang percaya sama wakil rakyat terus terang

    ReplyDelete
    Replies
    1. milih pemimpin daerah penting lho,,heheh..kamu tangerang selatan kan?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung.
Komentar berisi LINK HIDUP akan DIHAPUS.

^^ @Innnayah

Auto Post Signature

Auto Post  Signature